Jakarta, Selular.ID – Dalam semangat mendukung transformasi digital dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, XLSMART, melalui program Teman Pintar Indonesia, kembali menggelar serangkaian kegiatan edukatif dan inspiratif di beberapa wilayah di Indonesia.
Mengusung nilai kolaborasi lintas sektor, kegiatan ini melibatkan pelajar, mahasiswa, dan pelaku UMKM dengan beragam tema, mulai dari Content Creator Academy hingga pelatihan UMKM berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI).
Program ini merupakan inisiatif CSR unggulan dari XLSMART yang berfokus pada literasi digital, edukasi dan pendampingan komunitas, khususnya generasi muda dan pelaku usaha mikro.
Dengan menggandeng pemerintah daerah, akademisi, pelaku usaha, hingga komunitas lokal, program ini diharapkan dapat mendorong tumbuhnya generasi kreatif dan UMKM yang tangguh di era ekonomi digital.
Rangkaian kegiatan Teman Pintar Indonesia telah berlangsung di sejumlah daerah di Indonesia, seperti di Kabupaten Bandung Barat, dan Garut, Jawa Barat. Kemudian di Boyolali dan Sragen, Jawa Tengah, hingga di Blitar dan Batu, Jawa Timur.
Direktur & Chief Regulatory Officer XLSMART, Merza Fachys, memberikan pandangan strategisnya terkait peran sinergi dalam mendukung ekosistem digital di Indonesia.
“Pemberdayaan generasi muda dan UMKM melalui pelatihan seperti ini adalah langkah fundamental dalam mendukung ekosistem digital nasional. Kolaborasi yang terjalin antara pemerintah, swasta, akademisi, dan komunitas menjadi pilar penting dalam mempercepat transformasi digital yang inklusif,” ujar Merza.
“Program ini tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi juga menciptakan ekosistem belajar yang berkelanjutan. Keberhasilan ekonomi digital Indonesia bergantung pada kemampuan kita merangkul semua lapisan masyarakat. Inisiatif seperti Teman Pintar Indonesia menjadi teladan yang perlu diduplikasi di berbagai daerah,” tambah Merza Fachys lebih jauh.
Program Teman Pintar Indonesia dari XLSMART ini telah menyediakan rangkaian workshop yang akan berlangsung hingga Juni 2025. Untuk Content Creator Academy 2025, kegiatan digelar di 10 kota termasuk Blitar, Boyolali, Bandung Barat, Indramayu, Kabupaten Serang, Pringsewu, Kabupaten Malang, Kabupaten Gresik, Tegal, dan Banda Aceh.
Sementara untuk UMKM Naik Kelas 2025, workshop menyambangi 10 kota meliputi Cilacap, Sragen, Kota Batu – Malang, Garut, Bandar Lampung, Majalengka, Yogyakarta, Tangerang Selatan, Pontianak, dan Makassar.
Program ini juga menghadirkan kelas cerdas digital di Universitas Nasional Jakarta pada 13 Juni 2025 dan di SMA Insan Kamil Bogor pada 18 Juni 2025, guna memastikan semakin luasnya manfaat literasi digital yang dapat membuka peluang dan meningkatkan daya saing di era ekonomi digital.
Content Creator Academy: Menginspirasi Generasi Muda di Bandung Barat, Boyolali, hingga Blitar
Pada Sabtu, 31 Mei 2025, dua kota, yakni Boyolali dan Blitar menjadi saksi semangat generasi muda dalam mengeksplorasi dunia content creation. Bertajuk “Rahasia Sukses Jadi Content Creator Muda!”, kegiatan Content Creator Academy ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai sekolah menengah dan perguruan tinggi.
Di Boyolali Jateng, acara yang diadakan di Aula MTsN 1 Boyolali diikuti sekitar 50 peserta dari empat sekolah: MTsN 1 Boyolali, MTsN 9 Boyolali, SMPN 1 Andong, dan SMPN 2 Andong. Sementara di Blitar Jatim, kegiatan yang berlangsung di Taman Djajang Aliza, Sananwetan Blitar ini menyasar para pelajar SMP/SMA dan mahasiswa di lingkungan Universitas Islam Blitar (UNISBA).
Head of Corporate Communications & CSR XLSMART yang juga menjadi pembina program ini, Dani Miftahul Akhyar, menyatakan bahwa Teman Pintar Indonesia hadir sebagai solusi nyata bagi generasi muda untuk memanfaatkan teknologi digital secara bijak dan produktif.
“Program ini dirancang untuk membekali generasi muda dengan keterampilan dasar dalam membuat konten kreatif yang edukatif, positif, dan relevan. Ini adalah langkah penting untuk mendukung kreativitas digital yang menjadi pilar penting pembangunan bangsa di era teknologi informasi,” ungkap Dani.
Kegiatan di Boyolali dibuka secara resmi oleh Camat Andong, Bambang Suratno, dan dihadiri oleh Kepala Madrasah MTsN 1 Boyolali, Arif Hanafi, serta Leader XLSMART Community Boyolali, Ardhiana Iffa Farida. Sementara itu, di Blitar, pembukaan acara dilakukan oleh Ketua XLSMART Community Blitar, Minto Santoso.
Turut hadir, perwakilan Indonesia Content Academy di Boyolali, Aimar Milanesta, praktisi konten creator dari Komunitas TDA Blitar, Maftuch Yudistira serta Yufi Susanto yang berbagi pengalaman praktis seputar strategi membangun personal branding, mengenal platform digital, hingga teknik pembuatan konten yang menarik.
Perwakilan UNISBA Blitar, Hesti Puspitasari, menilai bahwa inisiatif ini menjadi wujud nyata kepedulian XLSMART terhadap generasi muda. Ia sangat mengapresiasi kegiatan ini. Literasi digital yang baik menjadi kunci agar generasi muda dapat memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang positif, ujarnya.
Sebagai bentuk apresiasi, tiga peserta terbaik di Boyolali dan Blitar masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai Rp3.000.000. Hal ini diharapkan menjadi motivasi agar generasi muda semakin semangat berkarya secara positif di era digital.
Pada Senin, (2/6), kegiatan serupa juga digelar di Pendopo Kecamatan Cikalongwetan, Bandung Barat. Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati hari jadi Kabupaten Bandung Barat ke-18. Dengan tema “Dari Ide ke Aksi Ngonten”, para peserta dibekali keterampilan membuat konten kreatif yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi daerah melalui media sosial.
Kegiatan di Bandung Barat juga melibatkan berbagai pihak, termasuk Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung Barat, Heri Partomo, serta Camat Cikalong Wetan, Dadang A. Sapardan.
Selain pelatihan pembuatan konten oleh Candra Kirana (Cankir), peserta juga diperkenalkan dengan teknologi MOCN (Multi Operator Core Network) dari Smartfren, yang akan mendukung pengalaman pembuatan konten dengan kualitas internet yang lebih baik.
Rangkaian kegiatan ini akan berlanjut pada 16 Juni 2025 dengan materi lanjutan tentang strategi distribusi konten dan personal branding di dunia digital.
Halaman berikutnya
Teman UMKM…