Rabu, 30 Juli 2025
Selular.ID -

Aplikasi Pesaing TikTok Ini Makin Diserbu Pengunjung

BACA JUGA

Selular.ID – YouTube Shorts makin perkasa dalam persaingan di aplikasi video pendek vertikal dan membuat TikTok kelabakan.

Pasalnya, fitur yang menjadi pesaing TikTok tersebut mencatat pertumbuhan jumlah pengunjung yang melonjak tajam hanya dalam waktu setahun.

CEO YouTube, Neal Mohan mengatakan layanan Youtube Shorts ditonton rata-rata 200 miliar kali setiap harinya.

Angka tersebut melesat dibandingkan tahun lalu. Pada Maret 2024, hanya 70 miliar kali penayangan per harinya atau bertambah 186%, yang Selular kutip dari The Wrap, Kamis (19/6/2025).

Bukan hanya YouTube Shorts, layanan utama YouTube juga makin dicintai banyak orang. Khususnya pengguna yang menontonnya di TV, karena tercatat menonton lebih dari 1 miliar jam setiap harinya.

Baca juga: Cara Memperbaiki YouTube TV yang Tidak Berfungsi

“Bagi lebih dari 100 kanal YouTube yang paling banyak di dunia, TV merupakan layar yang paling banyak ditonton,” kata Mohan.

Laporan tersebut sesuai dengan yang diungkapkan Nielsen Gauge pada bulan Mei lalu. YouTube menjadi pemimpin di industri selama 4 bulan. Pangsa pasarnya mencapai 12,5%, jauh mengungguli layanan streaming lain seperti Netflix (7,5%), Disney (5%), dan Prime Video (3,5%).

Penonton streaming di TV juga memimpin di industri tersebut dengan pangsa pasar 44,8%. Mengalahkan TV Kabel sebesar 24,1% dan broadcast 20,1%.

Namun, tren tersebut diprediksi tidak akan bertahan lama. Sebab ada tayangan olah raga dan musim siaran baru selama pertengahan tahun ini.

“Tren ini bisa berlanjut hingga berbulan-bulan pada musim panas, namun keseimbangannya bisa bergeser kembali, setidaknya sementara, saat pertandingan sepak bola dimulai dan musim siaran baru dimulai,” kata Nielsen.

Baca juga: TikTok Luncurkan Fitur TikTok for Artis, Sudah Ada di Indonesia

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU