Batam, Selular.ID – Selama bertahun-tahun Asus telah menjadi market leader di segmen consumer, khususnya laptop di Indonesia. Hal itu menunjukkan, brand asal Taiwan itu telah menancap kuat di benak konsumen.
Kini dengan semakin meningkatnya pasar komputer untuk segmen korporat/enterprise khususnya untuk kebutuhan pemerintah (government), Asus mengusung target yang cukup tinggi, menjadi penguasa segmen ini pada akhir 2026.
Target tersebut disampaikan langsung Country Commercial Product Marketing Asus Indonesia Aldy Ramadiansyah kepada wartawan, di sela-sela media trip Asus, Batam (7/5).
Menurut Aldy, target tersebut tidak terlalu muluk, mengingat pertumbuhan penjualan Asus yang terbilang sangat baik belakangan ini.
Baca Juga:ASUS Luncurkan Produk Expert Series dengan TKDN di Atas 40%
Sebagai contoh, salah satu pendorong pertumbuhan adalah permintaan yang meningkat dari salah satu perbankan pelat merah, dengan kisaran kebutuhan mencapai 8.000 hingga 12.000 unit.
Dengan besarnya potensi permintaan, khususnya dari kalangan pemerintahan, mendorong Asus untuk terus meningkatkan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) hingga 40%.
Selain untuk memenuhi ketentuan peraturan pengadaan barang/jasa bagi pemerintah, peningkatan TKDN juga bertujuan untuk mendorong kemandirian industri lokal, sekaligus penyerapan tenaga kerja terdidik.
TKDN tersebut mencakup labour (tenaga kerja) yang merakit (assembling) berbagai part untuk laptop, PC dan perangkat All in One besutan Asus.
“Berbagai komponen seperti MCB (miniature circuit breaker), PCB (printed circuit board), kardus kemasan, headset dan charger semua juga sudah dibikin secara lokal bekerja sama dengan Satnusa Persada”, pungkas Aldy.