Jakarta, Selular.ID — Zoom meluncurkan kemampuan agentic pada platformnya, sebuah pengembangan baru yang memungkinkan AI Companion bertindak sebagai “agen” untuk fitur-fitur seperti Zoom Meetings, Zoom Team Chat, Zoom Docs, Zoom Phone, Zoom Whiteboard, Zoom Contact Center, dan produk lain yang dirancang khusus untuk pelanggan bisnis.
Pengembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) selama ini banyak bergantung pada Large Language Models (LLMs) yang memiliki kemampuan luar biasa dalam menjawab “prompt” pengguna yang kemudian menghasilkan berbagai respon.
Namun, Zoom menempuh jalur pengembangan AI “agentic” berbasis Small Language Models (SLM) dalam fitur AI Companion mereka. SLM mengandalkan data pelatihan dan parameter yang lebih terfokus, sehingga memiliki kemampuan yang sama dengan LLMs, tetapi lebih ringan dan efisien.
Dengan kemampuan “agentic AI”, Zoom AI Companion kini dapat bertindak sebagai agen, yang tidak hanya sekedar menjadi asisten pintar, tetapi menjadi perpanjangan tangan dalam menjalankan berbagai tugas dalam sebuah platform.
“AI Companion berevolusi dari sebuah asisten menjadi agen, sebuah terobosan besar tentang bagaimana AI dapat meningkatkan produktivitas dan kolaborasi di lingkungan kerja,” kata Chief Product Officer Zoom, Smita Hashim.
“Kami terus memberikan nilai tambah bagi para pelanggan lewat kehadiran agen AI dan kemampuan ‘agentic’ yang dapat menyelesaikan masalah mereka, membantu mereka terhubung, berkolaborasi, serta hal lainnya hanya dalam platform Zoom yang dipercaya dan dicintai pengguna kami,” katanya.
Chief Information Officer Saint Leo University, Steven Carrol, mengatakan pihaknya telah menggunakan Zoom AI Companion sejak awal diluncurkan, sekaligus menjadi saksi bagaimana teknologi ini mampu mengubah kegiatan akademik dan administratif di kampusnya.
“Teknologi ini tidak hanya memberikan efisiensi, tetapi juga memungkinkan para staf kami menghemat waktu dari tugas-tugas manual. Mereka jadi memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan kolaborasi yang bermakna, serta lebih fokus pada tugas utama kami, yaitu mendukung pembelajaran para mahasiswa,” tutupnya.
Agen Berbasis AI pada Zoom AI Companion
Zoom mengembangkan fitur AI Companion di seluruh platformnya dengan menghadirkan kemampuan AI agentic, yaitu sebagai agen, dan beragam model AI untuk memberikan hasil kerja yang berkualitas tinggi, membantu pengguna meningkatkan produktivitas, dan mempererat relasi pengguna.
● AI Companion membantu pengguna menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan mewakili pengguna untuk melaksanakan tindakan tertentu, serta mengatur beberapa tindakan sekaligus. Asisten AI ini dibekali dengan pengetahuan untuk memilih kemampuan dan agen AI mana yang cocok untuk setiap tindakan. Menggunakan logika dan daya ingat, AI Companion mampu mengambil keputusan, memecahkan masalah yang rumit, sembari terus belajar, serta mengatur dan menyelesaikan berbagai tindakan.
● Kemampuan agentic baru ini juga mencakup pengaturan agenda, sehingga AI Companion bisa membantu menjadwalkan rapat dan menemukan waktu yang cocok untuk semua anggota tim, menghasilkan klip dengan cepat, membantu proses pembuatan dokumen, dan lainnya.
● AI Companion juga dapat berperan sebagai agen dengan kemampuan khusus, sesuai dengan kebutuhan Zoom Business Services – produk-produk Zoom yang dirancang untuk kebutuhan bisnis tertentu. Sebagai contoh:
○ Untuk menyediakan layanan mandiri (self service) bagi pelanggan, Zoom Virtual Agent akan memberikan percakapan yang penuh empati dan sesuai konteks untuk menyelesaikan permasalahan pelanggan, menggunakan logika dan daya ingatnya.
○ Pengguna bisa menciptakan dan menggunakan agen virtual sesuai kebutuhan menggunakan AI Studio (fitur ini akan tersedia dalam versi beta di musim semi 2025)
○ Dalam beberapa bulan ke depan, pengguna Zoom Revenue Accelerator akan dapat memanfaatkan agen AI Companion dengan kemampuan yang disesuaikan untuk membantu penjualan dan meningkatkan pendapatan. Agen AI ini akan mampu menganalisis informasi secara otomatis, serta menjangkau dan memprospek calon pelanggan dengan lebih personal.
● Dengan platform terbuka Zoom, para pengguna akan bisa berinteraksi dengan agen berbasis AI dari pihak ketiga, seperti ServiceNow AI Agents. Pengguna juga dapat membuat agen dengan keahlian tertentu (custom agents), seperti agen untuk menyederhanakan proses RFP (Request For Proposal) pada tim penjualan, atau proses meminta bantuan tim IT dan HRD. AI Companion akan mengetahui kapan harus bekerja sama dengan agen pihak ketiga dan custom agents tersebut untuk mengambil tindakan dan menyelesaikan tugas.
Tuntaskan berbagai hal dengan AI Companion
Dengan kemampuan agentic ini, AI Companion dapat membantu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, mengidentifikasi dan menjalankan tugas, mengatur jadwal rapat, dan lain-lain.
Kemampuan agentic pada AI Companion ini tersedia di seluruh platform untuk mengurangi pengguna melakukan tugas-tugas manual, sehingga mereka bisa fokus pada tugas yang lebih penting.
● Zoom Tasks, yang dilengkapi dengan AI Companion, akan membantu pengguna menampilkan, menyelesaikan, dan mengatur tugas-tugas mereka di seluruh Zoom Workplace. Zoom Tasks akan otomatis mendeteksi setiap tugas yang ada dalam hasil ringkasan rapat, obrolan, dan email, serta menjadwalkan rapat dan membuat dokumen berdasarkan hasil diskusi rapat. Zoom Tasks akan muncul pada tab baru di Zoom Workplace dan dapat disematkan ke dalam Zoom Doc untuk membuat tempat penyimpanan, sehingga pengguna bisa memantau tugas pribadi, tim, dan proyek dengan lebih mudahi. Zoom Tasks akan hadir di akhir bulan Maret.
● Agenda rapat yang dilengkapi AI Companion akan membantu pengguna tetap terorganisir dengan menyajikan informasi menggunakan format rapat yang ada atau pun agenda terbaru. Host dapat memasang timer untuk tiap topik pembahasan, agar rapat berjalan tepat waktu. Host juga bisa menerima notulensi dari AI selama rapat berlangsung. Setelah rapat, host dapat membagikan rangkuman dan daftar tugas kepada tim dengan mudah. Fitur ini akan tersedia pada bulan Mei.
● Live notes untuk Zoom Meetings dan Zoom Phone dapat memberikan ringkasan secara real-time selama rapat atau panggilan berlangsung. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengikuti jalannya percakapan dan diskusi, fokus pada materi rapat, dan memantau informasi terkini secara langsung. Fitur ini akan tersedia pada bulan Mei.
● AI Companion pada Zoom Phone kini dapat membuat ringkasan pesan suara (voicemail) dan tersedia untuk panggilan telepon Zoom Phone dalam Microsoft Teams. AI Companion juga dapat mengidentifikasi tugas berdasarkan pesan suara tersebut.
● Dilengkapi dengan AI Companion, fitur perekam suara baru pada aplikasi mobile Zoom Workplace akan memudahkan pengguna untuk fokus berkomunikasi tanpa sibuk mencatat. Fitur ini dapat mencatat, meringkas, dan mengidentifikasi tugas, serta membuat rekaman suara berkualitas tinggi untuk percakapan tatap muka. Fitur ini akan tersedia pada akhir Maret.
● AI Companion untuk Workspace Reservation akan menampilkan jadwal rekan kerja yang berada di kantor, merekomendasikan jadwal kehadiran di kantor untuk pengguna berdasarkan jadwal rekan kerja lainnya, dan membantu reservasi meja atau ruang kerja (Zoom Room). Fitur ini akan tersedia di bulan Mei.
Baca Juga: Zoom Bukan Cuma Miting? Dari Chat, Email, Telepon, Docs, sampai Asisten AI Juga Ada
Zoom juga mengumumkan kehadiran Zoom Drive, pusat penyimpanan untuk dokumen kerja seperti Zoom Docs, yang memudahkan pengguna untuk menemukan dan mengakses dokumen dari seluruh Zoom Workplace. Zoom Drive akan hadir pada bulan Mei.
Zoom AI Companion akan tetap tersedia tanpa biaya tambahan bagi akun Zoom yang telah berlangganan.
Namun, beberapa fitur khusus AI Companion, custom agents, dan integrasi dengan agen pihak ketiga mungkin akan dikenakan biaya tambahan atau memiliki harga terpisah.
Beberapa produk dan fitur mungkin belum hadir di semua negara maupun industri.
Baca Juga: Dua Bulan Rilis Zoom AI Companion Capai 1 Juta Ringkasan Rapat