Sabtu, 2 Agustus 2025
Selular.ID -

Grab Pilih AWS sebagai Penyedia Cloud Utama

BACA JUGA

Mempercepat Pertumbuhan Berbasis AI di Grab dengan AWS

Sebagai salah satu pionir adopsi AI di Asia Tenggara, Grab berkomitmen untuk terus berada di garis depan dalam mengeksplorasi bagaimana teknologi AI terbaru dapat lebih baik melayani dan memenuhi kebutuhan pengguna serta mitranya.

Catwalk, platform model pembelajaran mesin (ML) milik Grab, dibangun di atas Amazon Elastic Kubernetes Service (Amazon EKS) dan telah digunakan untuk menerapkan lebih dari 1.000 model AI dalam produksi, seperti panduan rute dan penetapan harga.

Dengan Catwalk, Grab memberikan pengambilan keputusan secara real-time bagi pengguna di seluruh layanannya dan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi seperti rekomendasi restoran yang disesuaikan, hadiah loyalitas, dan layanan keuangan yang dirancang khusus berdasarkan preferensi pengguna.

Selain itu, Grab menggunakan chip khusus AWS Inferentia dengan kemampuan inferensi ML untuk mendukung layanan berbasis AI secara efisien, termasuk peningkatan peta dan deteksi penipuan di bank digitalnya.

Grab juga memanfaatkan AWS sebagai infrastruktur komputasi yang mendasari banyak inisiatif AI-nya.

Superapp ini menyimpan ratusan petabyte data dan memproses lebih dari 200 TB data setiap hari—setara dengan 200.000 film full-length—di AWS.

Data ini membentuk dasar analitik, ML, menjadi dasar bagi analitik, ML, dan inisiatif AI Grab, dengan AWS mendukung inovasi di seluruh penawaran layanan perusahaan.

Baca Juga: Blibli dan Grab Prioritaskan Kendaraan Listrik untuk Armada Pengiriman dan Transportasi Karyawan

Dengan membangun fondasi komputasi AWS, Grab terus mengembangkan dan menerapkan berbagai kasus penggunaan yang didukung AI, khususnya untuk meningkatkan produktivitas pengemudi dan mendukung pertumbuhan mitra merchant.

Dengan mengintegrasikan model bahasa besar (LLM) dengan data titik minat dan catatan pelanggan sebelumnya, Grab telah menyempurnakan sistem panduan jarak terakhir untuk mitra pengantaran.

Peningkatan ini memberikan pengemudi instruksi drop-off yang lebih tepat, memungkinkan mereka menyelesaikan lebih banyak perjalanan setiap jam, menghasilkan pendapatan lebih tinggi, sekaligus mempercepat pengiriman makanan kepada konsumen.

Selain itu, Grab telah meluncurkan fitur baru yang menggunakan AI untuk membuat deskripsi hidangan makanan yang menggugah selera di lima dari delapan pasarnya.

Fitur ini telah meningkatkan tingkat penyelesaian pesanan, memberikan manfaat khusus bagi restoran kecil dan unik di platform, serta meningkatkan pengalaman bersantap pelanggan secara keseluruhan.

Baca Juga: Telkomsel dan AWS Rampungkan Program Inklusi Digital “Terampil di Awan” 

“AWS bangga mendukung Grab dalam misinya mendorong inovasi dan meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh Asia Tenggara,” kata Jeff Johnson, Managing Director, ASEAN di AWS.

“Dengan memanfaatkan kinerja operasional, skalabilitas, dan teknologi mutakhir AWS, Grab mampu menghadirkan transaksi yang dipersonalisasi dan mulus kepada jutaan pengguna di seluruh wilayah. Sebagai penyedia cloud terkemuka, AWS secara unik diposisikan untuk membantu Grab mengoptimalkan performa harga, meningkatkan efisiensi operasional, dan terus mengembangkan rangkaian layanan berbasis data yang luas. Kami sangat senang untuk terus berkolaborasi dengan Grab saat menavigasi lanskap dinamis e-commerce dan pengembangan superapp, memastikannya tetap berada di garis depan inovasi dalam ekonomi digital,” pungkasnya.

Baca Juga: Blibli dan Grab Prioritaskan Kendaraan Listrik untuk Armada Pengiriman dan Transportasi Karyawan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU