Jakarta, Selular.ID – Merayakan HUT ke-15, Tokopedia bersama ShopTokopedia menargetkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memperkuat UMKM lokal.
Salah satunya dengan memberikan panggung yang lebih luas kepada produk dan brand lokal lewat Festival Beli Lokal pada tanggal 24-25 Agustus 2024 di Plaza Timur Senayan, Jakarta.
Festival ini menghadirkan ratusan merek lokal dari beragam industri dan wilayah di Indonesia, pengalaman belanja online-to-offline, serta sejumlah musisi ternama tanah air.
“UMKM dalam negeri adalah tulang punggung ekonomi. Pertumbuhan ekonomi baru dapat diakselerasi jika kita bisa merespon peluang baru melalui pemanfaatan teknologi dengan cara baru, serta berbagai inovasi. Maka selain mengadakan Festival Beli Lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM lokal memaksimalkan pemanfaatan konten video termasuk live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan,” kata President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto.
Baca Juga: Brand Lokal Akui Penjualan Naik 7 Kali Lipat Berkat Live Shopping
Penjual yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat.
“Hal ini melatarbelakangi kami mengadakan sederet pelatihan untuk membuat penjual makin fasih membuat konten video promosi. Kami pun mencetak lebih banyak kreator konten sekaligus afiliator muda yang bisa membantu promosi produk dari UMKM lokal, misalnya melalui program seperti Creators Lab,” jelas Melissa.
Tokopedia dan ShopTokopedia juga telah berkolaborasi bersama sederet menteri dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk lokal melalui live shopping.
Baca Juga: Jokowi Imbau Beli Produk Lokal, Permintaan CCTV Merek SPC Naik 3x Lipat
Tokopedia dan ShopTokopedia di sisi lain melakukan beragam program pemberdayaan seperti membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi.
Pada Juli 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia mengedukasi 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan.
Selain itu, pemberdayaan perajin batik melalui dukungan dari hulu ke hilir, mulai dari pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, hingga akses ke pinjaman modal.
Sejak Januari 2024, kampanye ini sukses memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Solo, Yogyakarta, dan Pekalongan; 50%nya bergabung dengan ShopTokopedia. Ada ribuan penjual batik baru yang bergabung di Tokopedia selama dua minggu pertama peluncuran kampanye.
Jumlah transaksi melonjak, intip rencana Tokopedia dan ShopTokopedia
Berkat berbagai inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia (penjelasan lebih lengkap bisa didapatkan melalui lampiran), terdapat kenaikan transaksi dan penjual di masing-masing platform.
“Kini sudah ada jutaan penjual di Tokopedia maupun ShopTokopedia yang mayoritas UMKM. Tokopedia dan ShopTokopedia menargetkan untuk mendigitalisasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia. Ini ditujukan agar lebih banyak lagi pelaku usaha, yang bisa merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, serta memajukan dan mengembangkan bisnis di era digital, seperti Jacquelle, Kintakun, THENBLANK, ZM Zaskia Mecca, Batik Pandansari, Kopi Serambi, dan merek lokal lainnya,” tutup Melissa.
Beli Lokal Tokopedia dan ShopTokopedia buat transaksi naik 9 kali lipat
Beli Lokal merupakan kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia yang diluncurkan pada momen 12.12 tahun 2023 bersama pemerintah, untuk meningkatkan eksistensi produk dan brand lokal.
Kolaborasi tersebut berhasil mendongkrak transaksi sejumlah kategori produk lokal hingga 19 kali lipat (transaksi harian bulan Desember 2023 dibandingkan November 2023).
Baca Juga: Taman Brightspot 2024, Sinergi E-commerce lokal dan Pasar Fisik
Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia, yaitu: Jepara (Jawa Tengah), Cirebon (Jawa Barat), dan Ciamis (Jawa Barat), dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat.
Di Tokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: popok, hampers, dan aksesoris kamera dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 9 kali lipat (Semester I 2024 dibandingkan Semester II 2023).
Sejumlah wilayah mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia, yaitu: Sumatra Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Selatan.
Di ShopTokopedia, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui kampanye Beli Lokal, antara lain: parfum, deodoran, dan hijab, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 3,5 kali lipat (Mei 2024 dibandingkan Januari 2024).
Baca Juga: Incar Kepercayaan Konsumen, ShopTokopedia Hadirkan Toko Resmi “Mall”