Selular.ID – Brightspot bersama Tokopedia dan Shop Tokopedia menghadirkan Taman Brightspot 2024 yang berlokasi di Urban Forest Cipete, yang merupakan sinergi E-commerce lokal dan Pasar Fisik.
Acara ini menghadirkan pengalaman eksplorasi karya jenama lokal yang berbeda dengan memberikan nuansa piknik di alam di tengah hiruk pikuk kota.
Anton Wirjono selaku Founder Brightspot Market dan Future 10, mengutarakan esensi yang berbeda dari gelaran Taman Brightspot 2024, kembali hadir tahun ini dengan memberikan pengalaman praktik bisnis berkelanjutan, dari inovasi sinergi antara e-commerce lokal dan pasar fisik hingga bekerja sama dengan inisiatif lokal dalam pengelolaan sampah acara.
Baca Juga:Bank DKI Gaet Tokopedia Dukung Pembayaran Non Tunai
“Merupakan kali kedua dalam pelaksanaan Brightspot dengan konsep piknik di Urban Forest Cipete. Taman Brightspot 2024 di Urban Forest menawarkan pengalaman menikmati akhir pekan yang asri dan teduh. Dengan lokasinya yang strategis memungkinkan interaksi, kolaborasi, dan inspirasi yang produktif di antara komunitas dan pelaku industri kreatif lokal.”terang Anton.
Dengan adanya inovasi digital seperti e-commerce lokal, tren gaya hidup berkelanjutan yang mempromosikan pemilihan produk dari jenama lokal tidak hanya memberikan manfaat lingkungan dan ekonomi, tetapi juga mendukung pertumbuhan UMKM.
Sinergi antara pasar fisik dan e-commerce sangat penting untuk kelangsungan usaha UMKM.
Hilda Kitti, Integrated Marketing Country Business Partner Tokopedia dan ShopTokopedia menuturkan, Tokopedia dan ShopTokopedia, berupaya mempermudah kehidupan masyarakat, khususnya pencinta produk buatan brand lokal, dengan berkolaborasi dan memberikan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi online, demi sekaligus mendukung ekosistem UMKM di Indonesia.
“Dukungan kami dalam acara Taman Brightspot 2024 untuk mendukung produk lokal dan pelaku industri kreatif. Kolaborasi antara Tokopedia dan ShopTokopedia dengan Brightspot diharapkan dapat berperan sebagai katalisator inovasi yang bisa membuka peluang semakin besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Hilda.
Jenama lokal yang terkurasi di Taman Brightspot 2024 merupakan contoh nyata dari kaum urban yang terus bergerak dan berinovasi dalam bidang yang mereka sukai.
Termasuk terus melihat peluang baru dalam bisnis, sehingga menghadirkan produk terbaik di Taman Brightspot 2024. Hal ini memberikan pesan bahwa setiap orang berhak menikmati hidup dengan mengikuti passion mereka dan melawan stigma sosial.
Bukan hanya menikmati akhir pekan di ruang hijau kota, Signature Time ingin mengajak kaum urban untuk menyebarkan keyakinan bahwa, semua orang berhak berkarya dengan bebas dari keraguan diri.
Sebelumnya, di Brightspot Mall, Signature Time membuat sebuah alat ukur psikologis distorsi kognitif dalam bentuk instalasi yang membantu anak-anak muda untuk mengenali dirinya sendiri. Karakter yang mencirikan keraguan mereka diwakili dengan musik bertema 80an.
“Di Taman Brightspot kali ini, dengan alat ukur yang sama, kami mau terus nyegerin lagi semangat mereka, bahwa keraguan dalam diri itu bukan sebuah hambatan tapi sebuah loncatan, dan itu mereka yang nentuin sendiri” Ujar Dimitrij Kartalaksana, Consumer Engagement Manager dari Signature Time.
Signature Time menyiapkan kembali sebuah alat ukur psikologis melalui instalasi Path of Passion. Nantinya, mereka yang hadir akan dapat merasakan jenis-jenis distorsi kognitif mereka dalam bentuk minuman.
“Bukan cuma minuman, kami juga mengajak Brookland Coffee dan Illustrator, Reza Maulana, untuk berkolaborasi. Kami percaya, Path of Passion bisa membuka jalan buat para anak muda untuk terus berkarya, ngerjain yang mereka suka, dan selalu bisa Rasakan Nikmatnya Hidup.” Lanjut Dimitri.
Keterjangkauan dan kenyamanan akses ke Taman Brightspot 2024 adalah hal yang sangat diperhatikan. Dengan letaknya yang strategis, tersedia berbagai pilihan transportasi, termasuk MRT Jakarta yang memberikan kemudahan pergerakan bagi para pengunjung.
PT MRT Jakarta (Perseroda) berkomitmen menyediakan layanan transportasi MRT yang mudah diakses, memungkinkan pengunjung Taman Brightspot 2024 untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan potensi kreatif kota ini.
Dalam setiap acara besar, manajemen limbah menjadi krusial untuk mendukung prinsip bisnis berkelanjutan. Dengan pengelolaan limbah pasca-acara, memastikan bahwa setiap sampah dan limbah sisa acara dikelola dengan baik.
Mengelola dan memilah sampah, terutama dari acara besar, sangat berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan. Waste4Change menekankan pentingnya praktik pemilahan sampah di Taman Brightspot 2024, dengan mengumpulkan dan mengelola semua limbah yang dihasilkan.
Langkah ini tidak hanya meningkatkan kesadaran akan manajemen sumber daya yang bertanggung jawab tetapi juga mendukung upaya menciptakan siklus ekonomi yang lebih berkelanjutan.
Limbah sisa makanan, terutama minyak jelantah dari produksi makanan, seringkali diabaikan. Nooveleum, sebuah perusahaan greentech yang berfokus pada partisipasi aktif dalam menjaga lingkungan melalui daur ulang minyak jelantah bekas, berperan dalam mengelola minyak jelantah dari tenant kuliner di Taman Brightspot 2024, memastikan limbah tersebut didaur ulang dengan efisien.
Dalam upaya menangani limbah kuliner, perhatian terhadap sampah kemasan dan peralatan makan sekali pakai sangatlah penting.
Boolet, sebuah gerakan yang berfokus pada penyelesaian masalah sampah di Indonesia melalui pembangunan ekosistem ekonomi sirkular, hadir di Taman Brightspot 2024 untuk membantu mengolah limbah kuliner berbahan kayu, seperti sumpit, tusuk gigi, tusuk sate dan lainnya.
Dengan menyediakan tempat sampah khusus di berbagai sudut selama acara berlangsung, siap menampung sampah kayu dan memastikan perjalanan pengelolaan limbah yang lebih efisien dan berwawasan lingkungan.
Spesial di Taman Brightspot 2024, Boolet akan mempersembahkan instalasi furniture artistik yang dibuat dari sumpit dan tusuk sate bekas, sebagai simbol inovasi dan kreativitas daur ulang.
Pengunjung dapat menikmati pengalaman berbelanja dan menghabiskan waktu santai di akhir pekan, serta merayakan keberagaman produk lokal Indonesia yang mendukung ekonomi kreatif berkelanjutan.
Menawarkan konsep unik yang menggabungkan pengalaman eksplorasi kreativitas jenama lokal dengan sentuhan seni, kuliner, fashion, musik, dan tren masa kini.
Lebih dari itu itu, Taman Brightspot 2024 memperkuat ekosistem UMKM dan menciptakan lapangan kerja, sehingga memperkokoh fondasi pertumbuhan bisnis dan kesejahteraan komunitas.
Mulai 26 Juli 2024, bisa mengunjungi Taman Brightspot 2024 secara gratis di Urban Forest Cipete.
Baca Juga:Incar Kepercayaan Konsumen, ShopTokopedia Hadirkan Toko Resmi “Mall”
Nikmati pengalaman di dua area yang berbeda, yaitu taman outdoor yang menenangkan dan hall yang nyaman. Nikmati pengalaman eksplorasi jenama lokal yang seru selama dua pekan, dari 26 – 28 Juli 2024 dan 2 – 4 Agustus 2024.