Jakarta, Selular.ID – Indibiz Energi sudah digunakan oleh perusahaan daerah air minum (PDAM) dan restoran fast food McDonald’s (McD) dan mampu menghasilkan potensial revenue sebesar 30 persen.
Indibiz sendiri merupakan solusi yang dihadirkan Telkom Indonesia dalam ekosistem digital untuk dunia usaha. Melalui Indibiz, yang didirikan satu tahun lalu, Telkom berharap bisa membantu pebisnis menciptakan peluang-peluang yang ada.
Ragam layanan Indibiz saat ini ada tujuh (7) yakni Indibiz Sekolah, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel, dan Indibiz Multifinance, Indibiz Health dan Indibiz Energi dan Indibiz Ekspedisi.
Untuk solusi digital di ekosistem energi, Indibiz mempunyai dua solusi digital untuk energi air dan energi listrik.
“Di Indibiz Energi, kami menggunakan perangkat Internet of Things (IoT) Antares Smart Water Meter (SWM) serta Smart Power Meter (SPM),” kata Annisa Zaskia P. selaku CMO MyIndibiz saat ditemui Selular di Booth Indibiz pada acara Digiland Festival 2024 di Tennis Indoor Senayan Jakarta, Minggu pagi (28/7/2024).

Baru berdiri awal tahun, Annisa mengungkapkan Indibiz Energi sudah digunakan oleh sejumlah perusahaan, yang terbesar adalah PDAM dan McDonald’s.
“PDAM menggunakan Smart Water Meter di 10.727 titik air. Dengan SWM ini jumlah kubik air yang dikonsumsi di pelanggan terbaca secara akurat, real time dan bisa mendeteksi secara dini jika terjadi kebocoran air pipa di instalasi pelanggan,” jelas Annisa.
Tidak sia-sia, PDAM akhirnya bisa mendeteksi dengan cepat titik mana saja yang terjadi kebocoran.
“Sebelum menggunakan alat ini, PDAM ternyata mengalami kebocoran, tetapi tidak tahu di titik dimana. Dengan dipasang alat ini, PDAM bisa mengukur volume pemakaian air di setiap titik, termasuk jika ada anomali penggunaan air. Akhirnya, PDAM pun bisa mengetahui titik mana saja yang bocor, dan men-generate potensial revenue sebesar 30 persen,” papar Annisa.
“Tadinya mereka hanya tahu ada kebocoran, tetapi tidak tahu harus menagih kemana. Sekarang, kebocoran itu sudah bisa dijadikan pendapatan,” imbuh Annisa.

Selain PDAM, restoran fast food McDonlad’s juga menggunakan perangkat IoT Antares Smart Power Meter (SPM) untuk mendeteksi konsumsi listrik.
“Serupa dengan air, alat ini bisa mendeteksi konsumsi listrik di semua cabang McD. Sehingga jika terjadi kebocoran, akan ketahuan,” tutur Annisa.
Selain energi air dan listrik, saat ini Indibiz Energi tengah mengembangkan solusi lain di ekosistem energi. Begitu juga solusi lain di enam (6) ekosistem Indibiz lainnya.
Kendati baru, Indibiz Energi sudah menghasilkan pendapatan yang besar untuk Telkom.
“Sampai saat ini khusus untuk solusi energi air, Indibiz Energi sudah mempunyai revenue (pendapatan) sebesar Rp6,35 miliar selama Januari-Juni 2024,” tuturnya.

Solusi digital Smart Water Meter dan Smart Power Meter dari Indibiz Energi menjadi pelengkap dari ekosistem Indibiz yang dapat dimanfaatkan untuk para pebisnis di sektor energi, penyedia air dan manufaktur.
Bagi Telkom dengan hadirnya Indibiz Energi, semakin memperkokoh posisi Telkom yang kini tengah fokus menggarap pasar business to business (B2B), khususnya para pelaku usaha di sektor penyedia air, manufaktur dan energi khususnya bagi pelaku UKM di daerah di Indonesia.
Harapannya, semakin banyak pelaku usaha khususnya UKM di Indonesia menggunakan solusi digital dari Indibiz Energi ini, maka peluang digitalisasi bisnis semakin tercipta lebar dan harapan memajukan perekonomian Indonesia dengan kekuatan sumber air, energi dan manufaktur yang berkualitas dapat terwujud.
Baca Juga: Meningkatkan Digitalisasi Sektor Keuangan Bisa Pakai Indibiz Multifinance