JAKARTA, SELULAR.ID – Tahun 2024 akan menjadi tahun politik di Indonesia karena adanya pesta demokrasi pemilihan umum atau Pemilu.
Pada tahun 2024 ini, rakyat Indonesia akan memilih presiden, wakil presiden serta para wakil rakyat tanggal 14 Februari 2024.
Lalu di akhir tahun, rakyat Indonesia juga akan memilih kepala daerah di daerahnya masing-masing.
Dari rangkaian seluruh Pemilu ini, fokus rakyat Indonesia masih tertuju pada pemilihan presiden dan wakil presiden.
TONTON JUGA:
Tim kampanye dari tiga calon presiden dan calon wakil presiden atau capres dan cawapres aktif berkampanye di awal tahun 2024 ini.
Baik kampanye secara langsung maupun di media sosial alias medsos atau sosmed dengan cara-cara kreatif.
Lalu siapakan dari tiga capres yang unggul di media sosial alias medsos atau sosmed di awal tahun 2024 ini?
Baca juga: Ini Capres dan Cawapres yang Aktif Balas Komentar Followers di Media Sosial
Apakah Anies Baswedan, Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo, capres yang paling unggul di media sosial alias medsos atau sosmed di awal tahun 2024 ini?
Berdasarkan pantauan dari Selular Data Insight mulai hari Senin, tanggal 1 Januari 2024 pukul 00.00 WIB hingga Selasa, tanggal 2 Januari 2024 pukul 12.00 WIB, ada satu capres yang unggul jauh dari para rivalnya.
Capres tersebut adalah Ganjar Pranowo yang unggul jauh dari Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.
Selular Data Insight menyebut ada 46.825 percakapan tentang Ganjar Pranowo di media sosial di awal tahun 2024 atau sekitar 59,6%.
Uniknya, tidak hanya lebih banyak dari capres lainnya, perbincangan tentang Ganjar Pranowo justru menunjukan hal yang positif dengan sentimen +40,92 dari keseluruhan percakapannya.
Di posisi kedua ada capres Prabowo Subianto dengan total percakapan 16.168 atau 20,6% di awal tahun 2024.
Sayangnya, Prabowo Subianto justru mendapatkan lebih banyak sentimen negatif di media sosial dengan -5,90.
Lalu di tempat ketiga, ada capres Anies Baswedan dengan total percakapan 15.582 atau 19,80%.
Serupa Prabowo Subianto, Anies Baswedan juga mendapatkan sentimen negatif pada percakapan di media sosial dengan -12,64.
Capres yang Sering Balas Komentar di Media Sosial
Baca juga: Guru Jadi Profesi yang Paling Banyak Gunakan Pinjol