Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Tokopedia Luncurkan Sederet Fitur Baru, Janjikan lebih Hemat dan Terjangkau

BACA JUGA

Selular.ID – Masyarakat terus mengandalkan belanja online untuk mendapatkan berbagai produk kebutuhan. Pada tahun 2022, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia meningkat 12,79%, yaitu mencapai 178,94 juta, jika dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 158,65 juta.

Pengguna e-commerce di Indonesia diproyeksi akan terus meningkat hingga mencapai 196,47 juta pada akhir tahun 2023.*

Helena, Associate Vice President Product Campaign and Promotions Tokopedia, mengatakan, tingginya animo belanja online masyarakat di Indonesia juga tercermin di data internal.

Tokopedia mencatatkan peningkatan transaksi di berbagai kategori produk selama kuartal III 2023.

Untuk terus mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online, Tokopedia meluncurkan dua fitur baru, yaitu ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’, dan ‘Buy More Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Hemat’.

Masyarakat bisa membeli lebih banyak produk untuk mendapatkan diskon yang lebih besar atau keuntungan lain sesuai dengan ketentuan toko penjual. Contohnya, beli 2 diskon 10%, beli 3 diskon 20%, dan seterusnya.

“Fitur yang bisa membuat belanja online lebih terjangkau (affordable) ini berlaku di toko penjual dengan status Power Merchant PRO dan Official Store, sesuai syarat dan ketentuan.” jelas Helena.

Baca Juga:Investasi Properti Kian Meningkat, Sinar Mas Land dan Tokopedia Berkolaborasi

Dalam proses pembuatannya, Tim Product dan Research and Development Tokopedia menemukan ada kebutuhan dari penjual untuk memberikan manfaat tambahan di setiap transaksi serta mendorong calon pembeli untuk membeli lebih banyak produk.

Bersama tim Engineering, tim Product dan Research and Development Tokopedia, membangun fitur yang relevan, yang juga bisa memperkaya benefit bagi pembeli,” ujar Helena.

Cara menggunakan fitur baru Tokopedia ‘Buy More Save More’ sangat mudah. Cukup masuk ke halaman toko penjual yang mengadakan promosi ini, lalu scroll untuk cari dan masuk ke section ‘Buy More Save More’ di halaman utama toko. Setelah itu, pilih produk yang dibutuhkan. Makin banyak produk yang dipilih, maka makin besar diskon yang bisa didapatkan oleh pembeli.

Tak hanya itu. Tokopedia juga meluncurkan fitur baru ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih hemat dari sisi waktu maupun ongkir.

“Lewat fitur ini,masyarakat bisa mencari lebih dari satu produk secara bersamaan, dan mendapatkan rekomendasi pilihan toko yang menjual semua produk tersebut secara sekaligus,” jelas Product Manager Senior Lead Tokopedia, Hefrian Syah.

Alhasil, proses belanja online menjadi hemat waktu karena tidak perlu mencari secara manual satu per satu, dan hemat ongkir karena hanya dikenakan dari satu toko saja; bahkan bisa gratis atau bebas ongkir.

Dikatakan Hefrian, fitur ini dibuat saat tim Product menemukan bahwa ada kebutuhan dari
pembeli untuk menemukan satu toko yang menjual berbagai produk yang mereka butuhkan dalam satu waktu sekaligus. Setelah melakukan riset dan memvalidasi kebutuhan ini.

Cara menggunakan fitur baru Tokopedia ‘Cari Sekaligus’ sangat mudah. Klik kolom pencarian pada halaman utama aplikasi Tokopedia versi Android maupun iOS, lalu ketik salah satu produk yang dicari, dan klik tanda di ujung kanan.

Setelah itu, pembeli bisa menambahkan hingga dua produk lain yang dibutuhkan secara bersamaan. Klik ‘Cari’ dan Tokopedia akan merekomendasi pilihan toko yang menjual berbagai produk yang dicari secara sekaligus.

Untuk terus mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online, Tokopedia juga menghadirkan kampanye WAR Diskon Tokopedia setiap hari pukul 14.00 WIB, yang
memungkinkan masyarakat belanja online lebih murah.

Melalui kampanye ini, masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk dari beragam kategori dengan diskon besar-besaran.

WAR Diskon Tokopedia disebutkan turut berkontribusi dalam mendorong peningkatan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan 12 kali lipat pada 10 Oktober 2023 (momen 10.10) jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan September 2023.

Baca Juga:Tokopedia Perkuat Perlindungan HKI Penulis dan Berantas Buku Bajakan

Selain kampanye WAR Diskon Tokopedia, ada juga festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang berlangsung setiap tanggal 25 hingga akhir bulan, dan Kejar Diskon yang menghadirkan berbagai produk dengan diskon spesial.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU