Selular.ID – IDC menerbitkan analisis triwulanan pasar perangkat wearable di India, menunjukkan pertumbuhan besar-besaran sebesar 29,2% YoY.
Perusahaan teratas adalah boAt, mendominasi pasar dengan pangsa 29,7%, hampir tiga kali lebih banyak dari Noise yang berada di posisi kedua.
Selama periode Juli-September, negara ini mencatat 48,1 juta pengiriman, sehingga total dalam sembilan bulan pertama mencapai 105,9 juta unit – meningkat 5,8% dibandingkan tiga kuartal pertama tahun 2022.
Harga jual rata-rata keseluruhan (ASP) turun dari $27,2 menjadi $21,7, didorong oleh hadirnya jenis produk baru – cincin pintar.
Sebuah kategori jam tangan pintar tumbuh sebesar 41%, sementara gelang tangan menurun sebesar 23,4%, namun batasan antara kedua kategori tersebut menjadi semakin kabur.
Namun, kategori teratas adalah perangkat audio yang dapat dikenakan, dengan 30,9 juta pengiriman (dari total 48,1 juta).
Baca Juga: Smartwatch dan Smartband Xiaomi Banting Harga
Perusahaan pemimpin ini mempertahankan kepemimpinannya terutama karena produk TWS-nya, yang mengalami pertumbuhan sebesar 33,3% YoY.
Alasan utama mengapa perusahaan ini masih dominan adalah karena mereka terus menghadirkan fitur-fitur baru terkait audio melalui kemitraan dengan Qualcomm, Dolby, dan Dirac, serta memperluas panel mitra manufakturnya yang berbasis di India.
Hanya ada satu merek di Top 5 yang juga menjual smartphone di India: Oppo (yang juga mencakup produk OnePlus).
Duo ini berada di posisi ketiga di TWS dan kedua di neckband, sebagian besar berkat produk Buds 2R, Enco Buds 2, dan Nord Buds 2. Juga ada Nord Buds 2R yang lebih murah.
Baca Juga: Xiaomi Smartband 8 Active Harga 300 Ribu Mulai Edar di Indonesia