Selular.ID – Sebuah studi baru Kaspersky Safe Kids mengungkapkan konten YouTube yang paling diminati dan banyak dilihat anak-anak antara periode Juni 2023 dan Agustus 2023.
Serial kartun Skibidi Toilet adalah tren terpanas. Lacey’s Flash Games mendapatkan jumlah permintaan pencarian terbesar pada kategori game. Sedangkan untuk filmnya, drama China We Fall in Love dan Love Forever Young menjadi yang terlaris.
Rata-rata, 61% anak-anak mendapatkan perangkat digital pertamanya antara usia 8 dan 12 tahun, terkadang lebih awal. Anak-anak menjelajahi dunia maya, berteman, bermain game, menonton film, dan belajar.
Kaspersky memeriksa pertanyaan online anak-anak untuk memahami apa yang menarik perhatian mereka pada musim panas ini.
Analisis ini didasarkan pada data anonim yang disediakan secara sukarela oleh pengguna Kaspersky Safe Kids: permintaan pencarian dan aplikasi Android terpopuler yang diminta.
Selama musim panas tahun 2023, tiga aplikasi terpopuler di Android adalah YouTube (30%), TikTok (17%) dan WhatsApp (15%). Instagram menempati posisi keempat (9%). Menariknya, YouTube kids hanya mendapat 2,5% dan tidak memiliki jangkauan yang signifikan di kalangan anak-anak.
Sedangkan untuk YouTube, konten yang paling sering dicari oleh anak-anak adalah saluran dan vlogger yang merekam video hiburan, tantangan, atau gaya hidup (21%).
Klasifikasi ‘lainnya’ mendapat 21%, dan biasanya berisi meme dan cerita yang tidak termasuk dalam kategori lain.
Blogger game berada di posisi ke-3 dengan 15% permintaan. Kategori tambahan yang menduduki puncak daftar adalah kategori seperti musik (13%), film, kartun, acara TV (12%), dan permainan (9%).
Skibidi Toilet adalah salah satu tren musim panas terbesar. Ini adalah serial kartun, yang dihosting di YouTube Shorts, dibuat oleh influencer Georgia DaFuq!?Boom!.
Dimulai dengan video pendek yang merupakan kumpulan bingkai abstrak di mana karakter utama berwujud kepala yang merangkak keluar dari toilet hingga mashup “Dom Dom Yes Yes” oleh Biser King dan “Give it to me” oleh Timbaland.
Kini menjadi serial video dengan gaya, plot, karakter, dan fandomnya sendiri. Scibidi Toilet menghasilkan hampir 9% dalam TOP-1000 permintaan pencarian YouTube
Mengenai topik konten game, Lacey’s Flash Games menerima jumlah permintaan penelusuran terbesar pada musim panas ini.
Seperti Skibidi Toilet, Lacey’s Games berevolusi menjadi web horor berdasarkan Lacey – karakter yang muncul, misalnya, dalam flash game “Lacey’s Wardrobe” (intrik utama di sini adalah keberadaan game ini di kehidupan nyata).
Berbagai pembuat konten telah membuat cerita horor berdasarkan game tersebut – hal ini telah mendorong Lacey ke puncak daftar karakter horor musim panas ini.
Baca juga: Hati-hati iPhone 15 Palsu, Kaspersky Ungkap Skemanya