Selular.ID – Tokopedia Affiliate diluncurkan awal 2022 mempermudah siapa pun menjadi influencer dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan mempromosikan produk atau toko di Tokopedia melalui link afiliasi yang bisa dibagikan lewat konten media sosial.
Nirmala Hapsari. Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia, mengatakan untuk memaksimalkan dampak Tokopedia Affiliate bagi masyarakat termasuk pelaku UMKM, Tokopedia meluncurkan fitur Dipromosikan Affiliate.
Fitur ini memungkinkan penjual yang memenuhi kriteria untuk menawarkan komisi tambahan hingga 20% kepada Affiliate.
“Jadi, Affiliate dapat memperoleh penghasilan tambahan yang makin tinggi, sedangkan produk atau toko pelaku usaha bisa makin laris manis,” kata Nirmala.
Baca Juga:Tokopedia Play Bantu UMKM Promosi Produk ke Pelanggan Secara Live
Fitur ini berkontribusi positif terhadap bisnis para pelaku usaha. Pada kuartal II 2023, penjual yang memakai fitur ‘Dipromosikan Affiliate’ di Tokopedia mengalami peningkatan kunjungan halaman produk rata-rata hampir 4 kali lipat, dibandingkan penjual yang belum memakai fitur tersebut.
Upaya Tokopedia bantu asah skill masyarakat menjadi influencer
Sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang inklusif, Tokopedia melakukan berbagai inisiatif guna membantu siapa pun mengasah skill menjadi influencer berkomisi.
Salah satunya, Akademi Kreator Tokopedia. Program ini mewadahi Affiliate berkomunitas dan memberikan akses gratis terhadap berbagai materi edukasi yang bisa mengasah skill sebagai kreator konten.
Seperti membuat skrip video, membuat konten yang menarik banyak audience dan masih banyak lagi.
Selain itu, Tokopedia rutin menyelenggarakan festival tahunan GEMBIRA: Brands and Creators Day sebagai wadah bagi Affiliate untuk memperluas koneksi dengan sesama kreator konten dan brand.
Baca Juga:Tokopedia Lapor Transaksi Belanja Di Indonesia Timur Tembus 8 Kali Lipat
Mendapat wawasan lewat talkshow edukatif dan mengikuti berbagai aktivitas dan produk eksklusif.