Minggu, 3 Agustus 2025
Selular.ID -

Tiga E-commerce Bersaing Penuhi Kebutuhan Produk Elektronik, Rumah Tangga dan Kesehatan

BACA JUGA

Selular.ID – Populix melakukan survei, dalam survei yang dilakukan terhadap 1.005 responden mengungkap bahwa e-commerce menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia (82%) untuk membeli produk elektronik.

Kemudian kebutuhan rumah tangga dan kesehatan dibandingkan melalui media sosial (13%), maupun secara offline (6%).

Dari survei disebutkan juga  tiga brand e-commerce menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia membeli produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan.

Survei yang dilakukan pada 10 Juli hingga 26 Juli 2023, menyebutkan tiga brand tersebut adalah Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

Dengan Tokopedia (44%) menempati Top of Mind masyarakat Indonesia, disusul Shopee (40%) dan Lazada (11%).

Indah Tanip, Head of Research Populix menjelaskan, Tokopedia menjadi e-commerce dengan tingkat konversi tertinggi dalam hal retensi pembelian dibandingkan e-commerce lainnya.

Baca Juga:Populix Berikan 4 Tips Bagi Pelaku Bisnis dan UMKM Hadapi Resesi Global

Kategori Elektronik
Survei menunjukkan bahwa dalam satu bulan terakhir, platform e-commerce yang paling banyak digunakan responden adalah Tokopedia (58%), disusul Shopee (47%) dan Lazada (14%).

“Pada kategori ini, konsumen terlihat lebih puas menggunakan Tokopedia dengan skor 4.2, jika dibandingkan dengan pengguna Shopee yang memiliki tingkat kepuasan 4.1 dan Lazada sebesar 3.9,”terang Indah.

Kepercayaan konsumen terhadap Tokopedia sebagai e-commerce pilihan mereka ini didorong oleh kualitas produk yang baik dan pengiriman yang aman.

Di sisi lain, responden memilih Shopee karena harga yang terjangkau dan tersedianya promo gratis ongkos kirim, sedangkan Lazada dipilih karena pengiriman yang aman dan terpercaya, serta harga yang lebih terjangkau.

Kategori Kebutuhan Rumah Tangga
Hal yang sama terlihat juga pada kategori kebutuhan rumah tangga. Tokopedia (53%) menjadi platform e-commerce yang banyak digunakan dalam satu bulan terakhir, diikuti oleh Shopee (47%) dan Lazada (21%).

Tokopedia dan Shopee memiliki tingkat kepuasan konsumen yang sama dengan skor 4.2, sementara Lazada pada skor 4.0.

Tiga E-commerce Bersaing Penuhi Kebutuhan Produk Elektronik, Rumah Tangga dan Kesehatan
Tiga E-commerce Bersaing Penuhi Kebutuhan Produk Elektronik, Rumah Tangga dan Kesehatan

Gratis ongkos kirim, pengiriman yang cepat, produk yang berkualitas, dan keaslian produk merupakan alasan konsumen membeli produk-produk kebutuhan rumah tangga di Tokopedia.

Di sisi lain, dalam kategori yang sama, Shopee dan Lazada memiliki keunggulan dalam hal harga yang terjangkau, serta tersedianya promo gratis ongkos kirim yang lebih banyak dikemukakan oleh pengguna Shopee.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU