Selular.ID – Berdasarkan hasil survei Core, sebanyak 70% pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengalami kenaikan pendapatan rata-rata 30% dengan tergabung dalam ekosistem digital.
Pemerintah Indonesia sendiri saat ini menargetkan 30 juta pelaku UMKM untuk Go-Digital di tahun 2024.
Namun, keberhasilan inisiatif pemerintah ini bergantung pada kemauan UMKM untuk sepenuhnya merangkul transformasi digital.
Sementara perusahaan-perusahaan besar bergerak cepat menuju transformasi digital, hal yang sama tidak berlaku bagi UMKM. Baru 24% dari total pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan teknologi digital dengan berjualan di berbagai platform e-commerce.
Kunci dari transformasi digital yang efektif untuk UMKM terletak pada kemampuan mereka untuk menggunakan aplikasi dengan cepat sehingga mereka dapat memanfaatkan teknologi yang lebih baik.
Dan onboarding adalah pintu gerbang proses transformasi digital yang memperkenalkan pengguna baru kepada teknologi digital yang akan digunakan oleh UMKM.
Baca Juga:Juragan Doku Upaya Percepat Digitalisasi UMKM Indonesia
Adi Harlim, Direktur Merchant Experience BukuWarung menjelaskan, proses onboarding membutuhkan kombinasi antara pelatihan dan dukungan layanan yang komprehensif, keamanan infrastruktur IT, serta tim dan proses yang tepat, dan di sinilah BukuWarung hadir.
Sebagai penyedia solusi untuk semua tantangan digital dan finansial yang dialami pelaku usaha kecil di Indonesia, BukuWarung menyadari bahwa pengalaman personal tetap menjadi hal yang tak tergantikan dan penting dalam kepuasan pengguna, menciptakan mutual trust antara BukuWarung dan pelaku UMKM.
Dalam sebuah penelitian terbaru oleh Twilio, ditemukan bahwa kesabaran konsumen terhadap pengalaman impersonal telah mencapai titik terendah sepanjang masa.
Lebih dari 66% konsumen mengungkapkan bahwa mereka akan berhenti menggunakan layanan jika pengalaman tersebut tidak dipersonalisasi.
“Transisi digital bagi usaha kecil haruslah mulus dan efisien dan semua dimulai dengan proses edukasi dan onboarding,” kata Adi.
Proses onboarding BukuWarung berbasis digital dimulai dari mengisi informasi profil pengguna serta verifikasi identitas yang instan dan akurat.
Namun di saat yang sama, pendekatan personal sama pentingnya saat onboarding aplikasi untuk pelaku usaha kecil.
Baca Juga:UMKM Naik Kelas, Tapi Ancaman Siber Dikelas Atas
“Dalam proses ini, tim lapangan sebagai perwakilan perusahaan memastikan pengguna memiliki partner yang terpercaya untuk menjawab pertanyaan dan masalah yang mungkin mereka alami.”ujarnya.