Kamis, 31 Juli 2025
Selular.ID -

Oppo (Kaka) Vs Aice (Lionel Messi)

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Demi bersaing dengan vendor lain seperti Samsung, Oppo telah memperkenalkan flagship terbarunya, Oppo Find N2 Flip di Indonesia pada 10 Mei 2023.

Find N2 Flip adalah smartphone lipat pertama Oppo yang menawarkan banyak keunggulan. Mulai dari desain yang ciamik, beragam fitur canggih, batere tahan lama, hingga paket penjualan lengkap yang menggoda calon pembeli.

Dalam peluncurannya pada 10 Mei 2023, smartphone ini dibandrol Rp 14.999.000. Harga itu sudah termasuk bonus ekstra senilai Rp 4.550.000 berupa Oppo Premium Services.

Di mana konsumen memperoleh layanan Oppo Care+ dengan asuransi kerusakan atau garansi penggantian unit baru selama satu tahun.

Termasuk gratis dua kali penggantian anti gores original UV/AR setiap tahun, dan bonus Bundling IM3 Data Plan Indosat selama 12 bulan dengan kuota hingga 600GB.

Untuk menarik lebih banyak atensi publik, Oppo memanfaatkan kemitraannya dengan pesepakbola legendaris asal Brasil, Ricardo Izecson Dos Santos Leite.

Baca Juga: Sebagai Global Brand Ambassador Oppo, Ini yang Dilakukan Kaka Legenda AC Milan

Pemain yang lebih dikenal Kaká itu, didaulat Oppo sebagai Global Brand Ambassador untuk kemitraannya dengan Liga Champions UEFA 2023.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Kaka yang merupakan peraih banyak penghargaan bergengsi, seperti Ballon d’Or, Liga Champions UEFA, Piala Dunia, juga menggelar meet and greet eksklusif bagi pengguna Oppo Find N2 Flip di Oppo Gallery, Plaza Indonesia.

Pesepakbola yang mengakhiri karirnya di klub Amerika Serikat, Orlando City SC pada 2017 itu, mengaku kagum dengan keajaiban teknologi canggih yang dimiliki Oppo Find N2 Flip.

“Saya sangat beruntung dapat mengalami keajaiban baik di dalam dan di luar lapangan. Saya percaya keajaiban juga bisa kita ciptakan dengan ketekunan dan keahlian. Ini juga yang saya lihat pada Oppo. Kami memiliki semangat yang sama, yaitu menguji batasan dan menciptakan keajaiban”, Kaká dalam keterangan tertulis, Senin (5/6).

“Oppo melakukannya melalui smartphone lipat terbarunya, Oppo Find N2 Flip”, ujar Kaká.

AICE Manfaatkan Efek Lionel Messi

Sebulan setelah Oppo mendatangkan Kaka, produsen es krim nasional, Aice juga memanfaatkan pesohor dari dunia sepakbola.

Tak tanggung-tanggung, dia adalah Lionel Messi. Pesepakbola yang disebut-sebut sebagai GOAT (greatest of all time).

Gelaran pertandingan persahabatan antara Indonesia Vs Argentina, Senin (19/6) menjadi berkah bagi AICE yang sejak 2022 telah menjalin kerjasama dengan peraih tujuh kali Ballon d’Or itu.

Tak ada yang menyangka, tim merah putih bisa menjajal juara Piala Dunia Qatar 2022 itu. Sehingga keputusan Aice mendaulat Messi sebagai brand ambassador adalah investasi yang sangat menguntungkan. Layaknya durian runtuh bagi Aice.

Dalam pertandingan yang dihelat di GBK, Indonesia harus mengakui keunggulan Argentina 2-0. Bersama dengan Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi, Messi juga absen dalam friendly match itu.

Baca Juga: Pernah Menjadi Duta Merek Huawei, Lionel Messi Pesepakbola dengan Kekayaan $120 Juta

Meski Messi tak ikut berlaga, Aice sukses memanfaatkan ajang tersebut dengan beragam aktifitas promosi yang bisa mendorong awareness sekaligus memperkuat loyalitas konsumen.

Menambah keseruan di GBK, Aice membuka booth di Gate 6. Di sana penonton yang hadir di pertandingan bisa menikmati es krim secara cuma-cuma. Suasana dingin akibat diguyur hujan menjadi tampak hangat karena ramainya penonton mengantre es krim Aice.

Penonton juga bisa mendapatkan topeng Lionel Messi di booth Aice itu. Hal itu guna menggambarkan Messi, Love from Indonesia.

Untuk diketahui, Aice mengumumkan kolaborasi dengan Lionel Messi, dalam produk terbaru, Aice Blueberry Cookies dan Aice Milk Tea Boba.

Gelaran Piala Dunia 2022 lalu di Qatar dijadikan sebagai momen masyarakat menikmati pertandingan bersama produk kolaborasi tersebut.

Messi menjadi official ambassador bukan hanya di dua produk tersebut, melainkan juga beberapa varian es krim AICE lainnya.

Messi sebagai brand ambassador Aice, melengkapi bintang PSG Kylian Mbappe yang sebelumnya juga diumumkan berperan sama dalam berbagai produk es krim Aice.

Aice menjelaskan bahwa perusahaan bersama berbagai pemangku kepentingan terus mendukung proses pembibitan, kompetisi atlet, hingga pencetakan prestasi di berbagai bidang olahraga.

Keputusan Aice menjadikan Lionel Messi sebagai brand ambassador terbilang mengejutkan. Pasalnya, Aice menjadi brand nasional pertama di Indonesia yang berhasil menggaet Messi sebagai duta merek.

Di sisi lain, duit yang digelontorkan Aice juga tidak sedikit. Aice memang tidak pernah mengungkapkan nilai kontrak bersama mantan pemain Barcelona itu.

Namun sebagai gambaran, saat Huawei menunjuk Messi sebagai brand ambassador pada 2016, vendor smartphone asal China itu merogoh kocek sangat dalam.

Seperti halnya Aice, Huawei tidak mengungkapkan berapa nilai kontrak saat itu. Namun, dari berbagai sumber yang beredar, nilainya diperkirakan mencapai 5 hingga 6 juta Euro per tahunnya atau sekitar Rp 88 miliar rupiah.

Meski terbilang mahal, menggaet Messi adalah langkah prestise bagi AICE. Tidak semua brand bisa melakukannya.

Menjadikan Messi sebagai brand ambassador semakin memperkuat ekuitas merek Aice, di tengah kompetisi ketat dengan produsen lainnya.

Faktanya, es krim Aice kini sangat mudah ditemukan. Nyaris tak ada warung atau toko kelontong yang tidak menjajakan es krim ini.

Harga yang relatif lebih murah dan rasanya yang tak kalah dengan merek-merek terkemuka seperti Walls, Campina, JoyDay, dan lainnya, merupakan modal utama Aice dalam bersaing memperebutkan konsumen.

Es krim sendiri semakin disukai masyarakat Indonesia. Tercermin dari penjualan yang cukup besar. Berdasarkan data Euromonitor, nilai penjualan es krim dalam kemasan di Indonesia mencapai US$1,06 miliar atau sekitar Rp 15,86 triliun (kurs Rp 14.927/US$) sepanjang 2022.

Nilai penjualan es krim tersebut naik 7,44% dari tahun sebelumnya yang sebanyak US$988,7 juta. Angkanya pun menjadi yang terbesar dalam lima tahun terakhir.

Melihat trennya, penjualan es krim dalam kemasan di dalam negeri cenderung meningkat setiap tahun. Hanya saja, penjualannya sempat turun menjadi US$854,1 juta pada 2020, seiring pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Namun ke depan, diyakini penjualan akan kembali pulih, seiring dengan mobilitas yang kembali normal dan membaiknya perekonomian.

Baca Juga: Rekor! Foto Messi dan Ronaldo Mendapatkan Likes Terbanyak di Instagram

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU