Selular.ID – Tokopedia melaporkan tren belanja selama kuartal I 2023 di platformnya, beras serta makanan kering dan minuman paling laris.
Beras dan makanan kering kabarnya menjadi yang terlaris, apakah ini efek dari waktu pada saat lebaran idul fitri ?
Nyatanya Ekhel Chandra Wijaya, selaku Head of Corporate Affairs Tokopedia menjelaskan bukan hanya beras dan makanan kering tapi ada juga perlengkapan kebersihan dan produk kecantikan masih tumbuh tinggi.
“Pada kuartal I 2023, produk seperti makanan dan minuman, perlengkapan kebersihan serta perawatan tubuh dan kecantikan menjadi beberapa produk yang paling laris di Tokopedia”.
Ekhel juga menjelaskan dengan begitu platform meraup rata-rata peningkatan lebih dari 3x lipat, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
Lain dari pada itu juga masih di kuartal I 2023, masyarakat melengkapi kebutuhan sehari-hari, khususnya produk makanan dan minuman di Tokopedia.
“Kami mencatat produk seperti daging dan seafood, makanan sarapan serta beras dan makanan kering (seperti beras shirataki dan kacang almond) masing-masing mengalami peningkatan transaksi lebih dari 3x lipat, lebih dari 4x lipat dan lebih dari 6x lipat,” jelas Ekhel.
Tokopedia juga melihat adanya peningkatan transaksi pada produk perlengkapan kebersihan sebesar lebih dari 3,5x lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
Produk seperti sabun cuci piring, pembersih kaca dan pengharum ruangan menjadi sejumlah produk perlengkapan kebersihan yang paling diburu masyarakat Indonesia.
Nyatanya memang belanja online ternyata masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan laporan yang menunjukkan sekitar 80% konsumen digital akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.
Baca juga : Dilayani Tokopedia Naik Hampir 6x Lipat