Categories: Telco & Enterprise

tSurvey: 72 Persen Responden Pilih Mudik Lebaran

Share
Telkomsel Enterprise melalui Solusi tSurvey.id merilis hasil riset dan survei terbaru terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023 yang melibatkan lebih dari 2.500 responden dari 27 provinsi di Indonesia. Hasil survei ini dapat diakses secara lengkap melalui tsel.id/ramadaninsight.
Telkomsel Enterprise melalui Solusi tSurvey.id merilis hasil riset dan survei terbaru terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023 yang melibatkan lebih dari 2.500 responden dari 27 provinsi di Indonesia. Hasil survei ini dapat diakses secara lengkap melalui tsel.id/ramadaninsight.

Alfian lebih lanjut menambahkan, bersamaan dengan pemerintah yang sudah membuka kemudahan pembatasan aktivitas masyarakat pasca masa pandemi COVID-19 yang semakin mereda, aktivitas dan mobilitas masyarakat di luar rumah mulai meningkat, seperti berbuka puasa bersama dengan teman dan kerabat hingga mudik libur lebaran ke luar kota.

Berbuka puasa bersama di restoran menjadi preferensi favorit responden, diikuti dengan berbuka puasa bersama di rumah kerabat, di mana sebanyak 45 persen responden lebih memilih restoran dan kafe sebagai tempat berbuka puasa bersama, serta anggaran yang disiapkan berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.

Baca Juga: T-Connext, Telkomsel Hubungkan Startup dengan Pegiat Ekosistem Digital

Terkait pengeluaran selama Ramadan, hampir 20 persen responden menyiapkan anggaran tambahan lebih dari Rp2,5 juta untuk berbelanja, di mana makanan dan minuman menjadi kategori produk dengan kenaikan anggaran tertinggi yang kemudian disusul untuk fashion, seperti pakaian dan sepatu.

Tiga kategori teratas yang dibeli responden secara impulsif dengan mencakup untuk fashion (74 persen), makanan/minuman (48 persen), dan barang elektronik (24 persen). Berbagi hampers (parsel atau bingkisan) kini juga semakin menjadi tren khususnya menjelang momen Idul Fitri, di mana sebanyak 52 persen responden telah menyiapkan anggaran khusus untuk hampers dengan rerata anggaran sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu/bungkus.

Melalui hasil survei tersebut, menunjukkan betapa pentingnya momen Ramadan dan lebaran bagi masyarakat Indonesia, di mana masyarakat akan berusaha untuk dapat berkumpul bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman.

Baca Juga: Populix: Pengguna Aplikasi Video On Demand Meningkat, Netflix Kalahkan Youtube

Page: 1 2

Tags: Telkomsel Enterprise tSurvey
Khoirunnisa