Selular.ID – Memasuki momentum Ramadan dan libur Lebaran 2023, Traveloka berbagi informasi mengenai tren antusiasme masyarakat melakukan perjalanan selama periode libur Lebaran di tahun 2023.
Momen libur Lebaran selalu identik dengan kebersamaan dan berkumpul bersama keluarga.
Namun, Traveloka melihat adanya perubahan tren yang terlihat dari sebagian besar pengguna Traveloka yang menyatakan bahwa momentum libur Lebaran tidak hanya digunakan untuk mudik, namun juga untuk berlibur.
Data internal Traveloka menunjukkan sebanyak 34% pengguna menyatakan memiliki preferensi baru terhadap rencana perjalanan mereka bersama keluarga tercinta, terutama dalam menyambut libur Lebaran 2023.
Sebanyak 48% pengguna menyatakan bahwa mereka akan memanfaatkan momen Lebaran 2023 untuk merencanakan liburan, baik domestik maupun internasional.
Baca Juga: Cara Refund Tiket Pesawat Di Aplikasi Traveloka
Shirley Lesmana, Chief of Marketing Officer Traveloka lebih lanjut memaparkan, “Kami melihat tren perjalanan baik domestik maupun internasional terus meningkat, terlebih di masa libur Lebaran 2023 nanti.”
“Dalam perayaan Ramadan 2023, kami menghadirkan layanan komprehensif yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan konsumen dalam merencanakan perjalanan mudik maupun liburan bersama keluarga,” ungkap Shirley.
Menurut riset internal Traveloka, jumlah konsumen yang merencanakan untuk berlibur pada periode libur lebaran 2023 meningkat, dilihat dari melonjaknya pencarian penerbangan domestik yang mencapai hampir 2 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.
Sementara berdasarkan Survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT), Kementerian Perhubungan memperkirakan pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang pada masa mudik lebaran 2023.
Jumlah ini meningkat 14,2% dibandingkan pergerakan masyarakat di masa lebaran 2022 yang mencapai 85,5 juta orang.
Baca Juga: Pelonggaran Kebijakan Pariwisata, Pemesanan Tiket di Traveloka Naik 2x Lipat
Traveloka juga mencatat berbagai destinasi yang paling diminati pengguna untuk merayakan libur lebaran seperti Bali, Surabaya, Medan, Padang, Yogyakarta untuk destinasi domestik.
Sementara itu, pengguna Traveloka juga menyebutkan Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Jepang jugadiminati untuk destinasi internasional.
Traveloka juga melihat bahwa moda transportasi favorit pengguna untuk menjalani libur lebaran tak hanya melalui pesawat, melainkan ragam moda transportasi darat lainnya seperti kereta api, bus & shuttle, serta mobil pribadi.
Melihat tumbuhnya tren untuk melakukan perjalanan di periode libur Lebaran ini, Traveloka melalui rangkaian kampanye #RAYAkanYourWay siap menghadirkan layanan end-to-end serta promosi menarik baik untuk pemesanan tiket transportasi pesawat terbang, kereta api, bus, maupun akomodasi serta atraksi hiburan, dilengkapi dengan fitur PayLater.
Seluruh layanan ini akan semakin memudahkan konsumen dalam merencanakan perjalanan yang personalized dan fleksibel.
Shirley mengatakan bahwa sebagai platform perjalanan digital yang kini hadir di 6 negara di Asia Tenggara, Traveloka senantiasa berinovasi dalam memenuhi kebutuhan penggunanya.
“Kami memahami bahwa konsumen memiliki aspirasi dan kebutuhan yang beragam. Menyambut libur lebaran mendatang, tidak hanya produk dan layanan end-to-end bagi konsumen yang menjadi fokus kami, namun juga kesiapan dalam menghadapi lonjakan traffic pengguna,” ujar Shirley.
Baca Juga: Gamifikasi Berhasil Tingkatkan 15% Pengguna Harian Traveloka