Selular.ID – Pasar ponsel pintar secara keseluruhan pada tahun 2022 mengalami penurunan penjualan, menariknya, pasar ponsel lipat menunjukkan pertumbuhan cukup baik di seluruh dunia maupun di China. Dan Oppo menempatkan ponsel yang dapat dilipat sebagai inti dari strategi globalnya.
Dengan penjualan yang meningkat dan reaksi positif yang kuat dari pasar, keputusan untuk memperluas portofolio lipat ke pasar global menjadi mudah.
Oppo berencana membuat foldable secara umum, dan Find N2 Flip khususnya, hal tersebut diungkapkan Billy Zhang, Presiden Penjualan dan Layanan Luar Negeri OPPO, Zhang menjelaskan mengapa pasar global mereka untuk ponsel seharga lebih dari seribu dolar akan difokuskan pada ponsel lipat.
“Kami yakin dengan evolusi produk ini, dan teknologi yang terkait dengan ponsel lipat. Oleh karena itu, ke depannya, kami akan menetapkan ponsel yang dapat dilipat sebagai prioritas utama kami dalam strategi produk, investasi produk, penjualan, dan pemasaran.”ujar Zhang.
Baca Juga:Oppo Ajak O-Fans Berikan Ekspresi Kasih Sayang di Pameran Portrait of Love
Oppo telah mengerjakan enam perangkat prototipe sebagai bagian dari program investasi lima tahun untuk mencapai titik ini.
Sebagian besar telah dilakukan secara tertutup, namun lebih dari 1600 paten di bidang ini telah dipublikasikan sehingga beberapa kemajuan telah terlihat.
Perlu dicatat bahwa ini adalah skala waktu yang mirip dengan Samsung, meskipun Galaxy Fold pertama diluncurkan pada Maret 2019, Samsung telah melakukan banyak evolusi di depan umum.
Samsung memulai portofolionya dengan Galaxy Fold yang mirip tablet. Oppo mengambil pendekatan berbeda untuk rilis globalnya, menggunakan ponsel kecil bergaya Z Flip yang membuka ke layar smartphone candy bar yang terlihat sangat standar.
Mengapa itu penting bagi Zhang dan Oppo? “Jika kita melihat pengalaman pengguna dari ponsel flip, ponsel ini menawarkan pengalaman yang familiar dengan ponsel tipe bar tradisional, sekaligus memberikan kekompakan yang luar biasa dari desain berukuran saku dan menarik. Artinya, tidak ada biaya pembelajaran bagi pengguna untuk menikmati pengalaman baru.”
Ponsel lipat telah membuka faktor bentuk baru dan area baru tempat produsen dapat berinovasi dan memamerkan kehebatan teknis mereka.
Seperti yang bisa dilihat, mereka juga mendongkrak penjualan dibandingkan dengan tren smartphone global. Zhang tidak merasa ini adalah inovasi demi inovasi:
“Pemikiran tentang ponsel saat ini adalah ponsel yang dapat dilipat sedikit lebih berat dan sedikit lebih tebal daripada ponsel tipe jauh. Kami percaya bahwa dengan teknologi canggih kami, ada peluang untuk terus mengurangi bobot dan ketebalan sehingga mendekati level ponsel tipe bar.”
iPhone Pro duduk di ruang premium dan menarik perhatian dan penjualan yang signifikan. Bagaimana pabrikan seperti Oppo menghadapi kekuatan dominan itu?
Baca Juga:Oppo Find X6 Series Muncul di Sertifikasi 3C Ungkap Detail Fast Charging
“Makanya semua pabrikan harus berusaha berinovasi. Kami harus bersaing dengan Apple, dan Apple memegang mayoritas pangsa pasar di segmen premium. Penting bagi produsen Android untuk menemukan beberapa perbedaan.