Mobil (34%) dan pesawat terbang (31%) masih menjadi moda transportasi yang paling banyak masyarakat gunakan untuk berlibur.
Beberapa alasan yang melatarbelakangi pemilihan moda transportasi untuk perjalanan ini meliputi jadwal yang fleksibel (52%).
Kemudian dapat menikmati pemandangan sepanjang perjalanan (49%), biaya yang lebih murah (44%), dapat membawa barang banyak (41%), dan ketepatan waktu (41%).
Pembelian tiket melalui aplikasi perjalanan saat ini sangat masih 40% masyarakat Indonesia minati.
Alasannya karena kemudahan dalam penggunaan aplikasi (68%), proses mudah dan cepat (60%), serta mendapatkan harga termurah (53%).
Traveloka (67%) dan Tiket.com (31%) merupakan dua aplikasi perjalanan yang paling banyak masyarakat gunakan untuk memesan transportasi.
Di sisi lain, 39% masyarakat juga memilih untuk melakukan pembelian tiket melalui situs resmi maskapai penerbangan, bus, sewa mobil, kereta api dan sebagainya.
Untuk akomodasi, sepertiga masyarakat Indonesia memilih untuk tinggal di hotel bintang 1- 3 atau budget hotel (30%).
Namun, sebagian dari masyarakat juga memilih akomodasi yang lebih premium seperti villa (13%), resort (12%), dan hotel bintang 4-5 (8%).
Mayoritas (41%) anggaran yang masyarakat persiapkan untuk menginap berkisar dari Rp 250.000-Rp 500.000 per malamnya.
Berdasarkan hasil survei, Gen Z lebih banyak memilih akomodasi dengan biaya Rp 500.000 hingga kurang dari Rp 250.000 per malam.
Sementara Millennial dan Gen X mempersiapkan anggaran menginap mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 1.000.000 per malam.
Pertimbangan utama dalam memilih akomodasi selama liburan adalah harga yang terjangkau (51%), dapat menginap bersama rombongan (41%), dan lokasi dekat dengan pusat kota (40%).
Hal lain yang juga masyarakat perhatikan meliputi review yang baik (38%), memiliki pemandangan sekitar yang bagus (36%), ukuran kamar yang memadai (36%), memberikan privasi (36%), serta memiliki fasilitas yang lengkap (35%).
Baca juga: Selular Digital Telco Outlook Bahas Inovasi Industri Hadapi Ancaman Resesi Global Tahun 2023