Hampir tujuh dari 10 masyarakat Indonesia memilih untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.
Secara umum, mereka mulai merencanakan perjalanan tersebut sejak satu sampai enam bulan sebelumnya (45%).
Hingga satu sampai empat minggu sebelum keberangkatan (34%).
Untuk mendukung perencanaan tersebut, 70% masyarakat Indonesia mencari rekomendasi seputar objek wisata terkini.
Survei info mereka dapatkan dari keluarga/teman dan 69% masyarakat memanfaatkan kekuatan sosial media seperti Instagram (87%), YouTube (69%) dan TikTok (56%).
Sementara itu terkait durasi berlibur, 49% masyarakat berencana menghabiskan tiga hingga lima hari untuk perjalanan liburan akhir tahun mereka.
Lalu, 31% berencana menghabiskan kurang dari tiga hari untuk berlibur di akhir tahun ini.
Dengan durasi tersebut, mayoritas masyarakat telah mempersiapkan total anggaran perjalanan sebesar Rp 1 juta hingga Rp 3 juta (47%) per individu untuk pergi berlibur.
Masyarakat Indonesia juga menyatakan bahwa mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu liburan dengan menikmati wisata alam (67%) dan berwisata kuliner (65%).
Kemudian staycation (48%), mengunjungi taman bermain atau wahana atraksi (45%), dan berkunjung ke rumah keluarga (32%).
Sebesar 96% masyarakat memilih untuk menikmati liburan di dalam negeri pada akhir tahun ini.
Destinasi paling favorit meliputi Bali (20%), Yogyakarta (17%), Bandung (15%), dan Lombok (13%).
Sedangkan, di antara 4% masyarakat yang berencana untuk menghabiskan liburan akhir tahun mereka di luar negeri cenderung memilih Singapura (36%), Thailand (19%), dan Saudi Arabia (12%).
Sebelum melakukan perjalanan, mayoritas masyarakat (83%) akan mempersiapkan uang tunai dan pakaian, terutama di kalangan Gen Z dan Millennial.
Menariknya, Gen X cenderung lebih mempersiapkan makanan ringan dan aplikasi mobile banking untuk digunakan selama perjalanan.
Transportasi dan akomodasi selama liburan
Baca juga: Resesi Global Mengancam, ZTE Justru Gelontorkan Rp40 T untuk Riset dan Pengembangan