Sabtu, 2 Agustus 2025
Selular.ID -

Fitur WhatsApp Business Search Bakal Lebih Awal Sapa Indonesia

BACA JUGA

Selular.ID – WhatsApp mengumumkan bahwa Indonesia bakal mendapatkan akses ke fitur Business Search lebih awal dibandingkan negara-negara lain di dunia.

Hal ini diumumkan di Konferensi APAC, konferensi Perpesanan Bisnis Meta untuk wilayah Asia Pasifik.

Fitur Business Search akan diluncurkan secara bertahap mulai 10 Oktober dan akan tersedia untuk pengguna Android di Indonesia terlebih dulu.

Fitur Business Search akan memungkinkan masyarakat Indonesia mencari bisnis berskala besar—yang menggunakan Platform WhatsApp Business langsung melalui WhatsApp.

Deepesh Trivedi, Direktur Business Messaging di Meta APAC menjelaskan kehadiran Business Search akan memudahkan pengguna menemukan bisnis tertentu, cukup dengan mengetik nama bisnis di bilah Pencarian WhatsApp dan mulai percakapan.

Baca Juga:Cara Update Aplikasi WhatsApp GB Paling Mudah

Fitur ini akan memungkinkan pengguna WhatsApp di Indonesia menemukan bisnis atau perusahaan besar yang telah menggunakan Platform WhatsApp Business untuk membangun solusi kustom berskala besar, dan bukan usaha kecil dan menengah (UMKM) yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business.

“Sekarang, Business Search memberikan cara yang mudah bagi orang-orang untuk menemukan bisnis berskala besar dan mendapatkan bantuan dengan cepat melalui WhatsApp,” kata Deepesh Trivedi.

Di Indonesia, 7 dari 10 orang mengatakan mereka lebih suka mengirim pesan ke sebuah bisnis daripada menelepon atau mengirim email.

Berbagai pelaku bisnis berskala besar di tanah air menyadari hal ini sehingga telah mengadopsi WhatsApp agar terhubung dengan para pelanggan.

Salah satunya adalah BCA yang menjalankan layanan bantuan chat 24 jam melalui WhatsApp.

Sedangkan Indosat mengoperasikan chatbot untuk merespons berbagai kebutuhan pelanggan dan berhasil menyelesaikan hampir 92 persen kebutuhan pelanggannya via WhatsApp.

Ritesh Kumar Singh, Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison menjelaskan bahwa  pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), menggunakan WhatsApp.

Sehingga IOH membuat chatbot yang dilengkapi beberapa fitur, seperti mengecek pulsa dan kuota data, mengunduh tagihan, serta menjawab kebutuhan pelanggan.

Baca Juga:Cara Update Aplikasi WhatsApp GB Paling Mudah

“Sekarang, sekitar 92% pertanyaan pelanggan kami dapat diselesaikan via IM3 Official WhatsApp. Oleh karena itu, kami yakin Business Search akan semakin memudahkan pelanggan untuk menemukan kami melalui aplikasi tersebut,” kata Ritesh Kumar Singh.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU