Kamis, 31 Juli 2025
Selular.ID -

Upaya Dekatkan Diri dengan Pelanggan, Biznet Tiru Strategi IndiHome

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Diam-diam persaingan antar penyedia internet fixed broadband di Indonesia mulai ketat. Sesuai laporan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indoesia), terdapat ratusan penyelenggara di bisnis ini.

Baik itu dari BUMN/BUMD, anak perusahaan BUMN, maupun yang tidak terafiliasi dengan BUMN/BUMD. Meski kompetisi mulai memanas, namun pemain papan di bisnis fixed broadband atas didominasi tak lebih dari 10 pemain.

Berdasarkan survei yang dilakukan APJII, diketahui bahwa operator fixed broadband yang banyak digunakan adalah IndiHome (67,54%), First Media (3,88%), MNC Vision (2,88%), IConnect (2,24%), BizNet (1,54%), dan Oxygen (1,04%).

Ketatnya kompetisi antar provider itu dikarenakan beberapa faktor. Di antaranya, pelanggan memilih provider bergantung pada kualitas koneksi di lokasi tempat tinggalnya.

Faktor lain yang tak kalah penting adalah, kemampuan provider dalam memberikan harga atau promo yang menarik kepada masyarakat.

Biznet selaku provider terkemuka di bisnis fixed broadband, mengakui persaingan antar pemain semakin ketat, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan internet di masyarakat saat pandemi.

Baca Juga: Indosat HiFi Resmi Hadir, Ini Daftar Harga 4 Internet Rumahan dari Operator Selular

Alih-alih sekedar bersaing pada harga, VP Network Biznet Agus Irianto, mengatakan bahwa pihaknya lebih mengedepankan kualitas layanan agar pelanggan lebih loyal.

Strategi itu dibarengi dengan upaya mendekatkan diri dengan pelanggan, mirip yang dilakukan pesaing terdekat, IndiHome.

“Selain jaringan yang mumpuni, Biznet juga terus membangun kedekatan dengan konsumen. Salah satunya melalui pendirian branch atau kantor cabang di berbagai wilayah di Indonesia”, ujar Agus.

Agus Ariyanto selaku VP Network Biznet
Agus Ariyanto selaku VP Network Biznet

Hingga September ini, Biznet sudah membangun 240 branch atau kantor cabang di seluruh Indonesia yang tersebar di 180 kota.

“Itu adalah jumlah yang banyak karena Biznet ingin memastikan support selalu ada untuk pelanggan. Di Jakarta misalnya ada 20 kantor lebih,” tutur Agus.

Baca Juga: Tarif Terbaru Internet Pasca Berlakunya PPN 11%, dari IndiHome, Biznet hingga Oxygen

“Bersamaan dengan itu, kita juga memastikan teknologi yang digunakan sedekat mungkin dengan pelanggan. Teknisinya selalu ada. Agar lebih sigap, Biznet selalu mengambil support tim ahli di sekitar pelanggan berada. Itu yang membedakan Biznet dengan yang lain”, pungkas Agus.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU