Selular.ID – Peneliti keamanan menemukan 85 aplikasi yang terlibat dalam penipuan iklan, sepuluh ada di App Store, dan 75 lainnya ada di Google Play.
Dari keseluruhan pengguna mengunduhnya lebih dari 13 juta kali. Mereka adalah bagian dari kampanye penipuan iklan baru bernama “Scylla.”
Informasi tersebut berasal dari Bleeping Computer. Kabar tersebut ditemukan oleh peneliti dari tim HUMAN Satori Threat Intelligence menemukan 85 aplikasi yang tersedia di App Store dan Google Play yang membanjiri pengguna seluler dengan iklan, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi atau menghasilkan pendapatan dengan meniru aplikasi.
Baca juga : Tak Hanya BBM, Harga Aplikasi Apple di iOS Juga Naik
Para analis percaya, Scylla adalah gelombang ketiga dari operasi yang mereka temukan pada Agustus 2019 dan dijuluki ‘Poseidon’.
Gelombang kedua, tampaknya dari pelaku ancaman yang sama, disebut ‘Charybdis’ dan mencapai puncaknya menjelang akhir tahun 2020.
Berikut adalah sepuluh aplikasi yang ditemukan di App Store iOS yang menawarkan adware:
Loot the Castle, Run Bridge, Shinning Gun, Racing Legend 3D, Rope Runner, Wood Sculptor, Fire-Wall, Ninja Critical Hit, Tony Runs.
Peneliti Satori memberi tahu Apple dan Google tentang aplikasi ini, dan mereka telah dihapus dari App Store dan Google Play.
Jika kebetulan Anda mengunduh salah satu aplikasi tersebut di iOS, cara terbaik untuk menghapus adware adalah dengan menghapus aplikasi dari perangkat Anda.
Publikasi tersebut menjelaskan sedikit lebih banyak tentang malware ini, yang, berbeda dari jenis virus lainnya, tidak terlalu berbahaya bagi perangkat Anda, karena hanya menampilkan iklan kepada perangkat anda, meskipun berbahayanya itu dapat menjadi pintu bagi malware lain untuk menginfeksi ponsel Anda.
Aplikasi Scylla biasanya menggunakan ID bundel yang tidak cocok dengan nama publikasinya, untuk membuatnya tampak bagi pengiklan seolah-olah klik/tayangan iklan berasal dari kategori perangkat lunak yang lebih menguntungkan.
HUMAN’s researchers menemukan bahwa 29 aplikasi Scylla meniru hingga 6.000 aplikasi berbasis CTV dan secara teratur menelusuri ID untuk menghindari deteksi penipuan.
Baca juga : Apple Tambah Dua Tempat Iklan Baru di App Store