Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Tokopedia Play dan Affiliate Catat Sejumlah Pencapaian

BACA JUGA

Selular.ID – Tokopedia, terus berupaya meningkatkan pemanfaatan teknologi diantaranya dengan pemanfaatan Tokopedia Play dan Tokopedia Affiliate.

Nirmala Rahmawati Hapsari, Head of Sales Operation & Product Tokopedia menjelaskan,
Tokopedia Play adalah kanal video streaming mempertemukan penjual dan pembeli lewat tayangan dan penawaran menarik.

Sementara Tokopedia Affiliate, pengguna berkesempatan mendapat penghasilan tambahan dengan merekomendasikan produk dari Tokopedia.

Lewat kanal video streaming Tokopedia Play yang diluncurkan sejak 2018, dikatakan Nirmala masyarakat bisa mencari inspirasi–lewat berbagai tayangan menarik.

Seperti live shopping, memasak, olahraga, berkreasi dan masih banyak lagi–sambil berbelanja, atau sebaliknya.

Baca Juga:Cara Dapat Bebas Ongkir Tanpa Batas di Tokopedia, Ada PLUS by GoTo

Mereka juga dapat berinteraksi langsung dengan penjual untuk memahami rincian produk sekaligus memanfaatkan penawaran spesial.

Menurut Nirmala, nilai tambah tersebut membawa peningkatan jumlah transaksi melalui Tokopedia Play sebesar lebih dari tiga kali lipat selama enam bulan terakhir, dibandingkan enam bulan sebelumnya.

“Makassar, Denpasar, Indramayu, Jambi, dan Balikpapan menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi di Tokopedia Play,” jelas Nirmala.

Di sisi lain, dengan Tokopedia Play, penjual dapat membangun brand awareness, meningkatkan penjualan dan memperoleh modul edukasi seputar bisnis online untuk mengembangkan usaha.

“Selama enam bulan ke belakang, peningkatan jumlah penjual yang menggunakan Tokopedia Play tercatat lebih dari tiga kali lipat, dibanding enam bulan sebelumnya,” tambah Nirmala.

Pekalongan, Denpasar, Medan, Bandung, dan Semarang menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi di Tokopedia Play.

Sedangkan Klaten, Cilegon, Madiun, Tegal, dan Tasikmalaya adalah beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi.

Kesehatan, Kecantikan, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, dan Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling diburu masyarakat lewat Tokopedia Play setahun ke belakang.

Sementara lewat program Tokopedia Affiliate, masyarakat bisa mendaftar sebagai Affiliate dan mempromosikan jutaan produk yang ada di Tokopedia menggunakan link khusus, di media sosial mereka.

Jika produk berhasil terjual melalui link khusus itu, Affiliate tersebut akan mendapatkan komisi hingga 10%.

Selain membuka kesempatan kepada Affiliate untuk menambah penghasilan, program ini juga membantu penjual di Tokopedia untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.

Baca Juga :Tokopedia Tambah Metode Pembayaran dengan Layanan Cicilan

Program ini di sisi lain dapat membantu masyarakat umum mengakses produk yang sudah direkomendasikan oleh Affiliate sekaligus kerabat atau rekan terpercaya mereka. Sejak diluncurkan pada Maret 2022, jumlah Affiliate terdaftar sudah mencapai ratusan ribu.

“Kabupaten Bogor, Jayawijaya dan Sidoarjo menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah Tokopedia Affiliate terdaftar paling tinggi selama tiga bulan terakhir dibanding tiga bulan sebelumnya,” kata Nirmala.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU