Minggu, 3 Agustus 2025
Selular.ID -

Grup Modalku Akuisisi CardUp Sebagai Langkah Ekspansi Layanan PaymentsUntitled

BACA JUGA

Berdiri pada tahun 2016, CardUp adalah penyedia solusi pembayaran (payments) yang berbasis di Singapura.

Melalui CardUp, individu dan badan usaha dapat membayar pemasok dan menerima pembayaran dari pelanggan secara digital.

Lewat kehadirannya di Singapura, Malaysia, dan Hong Kong, CardUp telah melayani puluhan ribu usaha.

Termasuk usaha mikro, UKM, serta perusahaan korporat dalam industri B2B dan C2B.

Usaha-usaha menggunakan layanan CardUp untuk transaksi yang berhubungan dengan pembayaran gaji, pembayaran sewa, pajak korporat.

Selain itu juga untuk pembayaran vendor, arus piutang, dan biaya antar negara.

CardUp memperoleh permintaan tinggi dari usaha-usaha yang ingin menghemat waktu dan uang lewat digitalisasi transaksi pembayaran.

Tingkat permintaan bagi layanan CardUp tercermin dalam pertumbuhan pesatnya, di mana terjadi peningkatan 53% setiap kuartal.

Co-Founder Funding Societies dan CEO Modalku Indonesia, Reynold Wijaya, berkata sudah mengenal Nicki dan CardUp sejak 2018.

“Kami tahu bahwa secara kultural dan strategis, CardUp sangat cocok dengan Grup Modalku,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

“Dengan akuisisi ini, kami dapat mempercepat kepemimpinan perusahaan di pasar FinTech regional.”

“Caranya dengan menggabungkan kapabilitas layanan pembayaran, meningkatkan user experience, dan menambah lisensi lokal ke layanan digital lending Grup Modalku di pasar-pasar utama kami.”

“Kami bersemangat untuk bekerja sama dengan tim CardUp. Bergabung dengan mereka adalah suatu kehormatan bagi kami,” sambungnya.

Baca juga: 5 HP Murah Suport 5G dan NFC Bulan Juni 2022, Harga Mulai Rp2 Jutaan

Akuisisi Tepat

Akuisisi ini datang pada saat yang tepat.

Proyeksi Segmen UMKM akan menggerakkan pasar keuangan digital ASEAN menjadi sebesar USD 60 miliar pada tahun 2025.

Untuk sektor pembayaran usaha (business payments) regional akan tumbuh dengan CAGR (Compound Annual Growth Rate) 10% selama lima tahun ke depan.

Saat ini, transformasi digital terhadap proses keuangan adalah tren yang signifikan bagi UMKM di ASEAN.

Digitalisasi UMKM menghemat waktu dan uang, serta meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan melalui penggunaan sarana dan layanan yang lebih canggih.

Founder dan CEO CardUp, Nicki Ramsay mengatakan telah lama mengakui Grup Modalku sebagai pemimpin pasar regional dalam bidang pinjaman UMKM.

“Kami juga melihat Grup Modalku sebagai pasangan komplementer untuk keahlian kami di bidang pembayaran,” ujar Nicki.

“Akuisisi ini mencerminkan sinergi strategis dan budaya yang kuat di antara kedua pihak.”

“Kami memiliki misi yang sama untuk memberdayakan UMKM dan selama ini menyediakan sarana bagi mereka untuk meningkatkan bisnis operasional dan mengelola arus kas.”

“Kami percaya bahwa CardUp memiliki masa depan yang cerah dengan Grup Modalku dan kami senang akan bekerja sama dalam perjalanan baru ini,” lanjutnya.

Setelah proses akuisisi selesai dan regulator menyetujui, Grup Modalku akan menyambut Nicki Ramsay sebagai anggota tim manajemen.

Nicki akan memimpin usaha payments perusahaan dengan tetap mempertahankan semua karyawan CardUp di Asia.

CardUp akan terus mengoperasikan layanan bisnis dan konsumennya, serta melanjutkan hubungan jangka panjangnya dengan para partner, penerbit kartu, dan mitra media.

Grup Modalku dan CardUp akan memanfaatkan sinergi antar perusahaan, yaitu melalui sumber daya manusia yang komplementer, inovasi teknologi, serta kemitraan perbankan dan teknologi untuk terus memberdayakan UMKM di Asia Tenggara.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU