Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Telkom dan Singtel Kembangkan Regional Data Center dan Bisnis Broadband

BACA JUGA

Telkom dan Singtel Kembangkan Regional Data Center dan Bisnis Broadband
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (depan kiri) bersama CEO Singtel Group Yuen Kuan Moon (depan kanan) disaksikan Menteri BUMN RI Erick Thohir (belakang tengah) & Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo (belakang kanan), menandatangani MoU kolaborasi untuk pengembangan bisnis data center regional serta integrasi layanan fixed dan mobile broadband, atau yang juga disebut Fixed Mobile Convergence (FMC) antara Telkom & Singtel di Jakarta, Kamis (14/4).

CEO Singtel Group Mr. Yuen Kuan Moon mengatakan, “5G, artificial intelligence dan Internet of Things telah membuka peluang pertumbuhan besar data center, dan menjadi pendorong pertumbuhan utama bagi kami dan tentunya juga TelkomGroup.”

Kemitraan ini merupakan langkah penting bagi pengembangan platform data center Singtel melalui sinergi aset, kompetensi, dan network yang dimiliki oleh dua perusahaan pemimpin pasar data center di Indonesia dan Singapura.

Menurut Yuen Kuan Moon, sebagai ekonomi digital terbesar di ASEAN, Indonesia merupakan pangsa pasar strategis dari bisnis data center yang dapat memperluas footprint platform Singtel di tiga lokasi dengan pertumbuhan tercepat di kawasan yakni Indonesia, Singapura, dan Thailand.

“Platform ini akan mendukung kebutuhan transformasi digital dari pelanggan yang ingin menjangkau Indonesia, dan sekaligus juga menyediakan platform bagi bisnis di Indonesia untuk menjangkau ke luar negeri,” kata Yuen Kuan Moon menekankan.

Baca Juga: Laba Singtel 2019 Mencapai Rekor Terendah Dalam Dua Dekade

Selain pengembangan bisnis data center, Telkom dan Singtel juga menjajaki kerja sama implementasi integrasi bisnis fixed dan mobile broadband.

Integrasi bisnis ini sudah mulai dijalankan Telkom melalui sinergi layanan IndiHome dengan Telkomsel.

Sejalan dengan arahan Kementerian BUMN, integrasi kedua bisnis tersebut akan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memperoleh pengalaman digital terbaik dalam menikmati layanan internet dan bundlingnya serta kemudahan-kemudahan lain dari layanan TelkomGroup di mana saja.

Inisiatif ini nantinya akan mempertahankan kepemimpinan TelkomGroup di portofolio bisnis broadband, di mana Telkom akan fokus pada segmen B2B dan Telkomsel fokus pada segmen B2C.

Baca Juga: Bagaimana Telkom Mengimbangi Para Raksasa di Bisnis Data Center?

“Dengan layanan broadband yang semakin seamless, serta tumbuhnya ekosistem bisnis dan kekayaan data yang mengikutinya akan membuka peluang-peluang bisnis baru khususnya di era digital melalui pengembangan bisnis e-commerce, content streaming, big data, social network, dan Internet of Things,” demikian tutup Ririek.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU