Sabtu, 2 Agustus 2025
Selular.ID -

Luna Maya Kena Tipu Rp2 Juta, Telkomsel Himbau Pelanggan Rahasiakan Kode OTP

BACA JUGA

Selular.ID – Luna Maya baru saja kena tipu senilai hampir Rp2 juta. Via sambungan telepon, seseorang yang mengaku dari service center Telkomsel berhasil memperdaya Luna untuk mentransfer sejumlah uang.

Dengan modus penipuan yang mengatasnamakan Program Telkomsel Poin, si penipu meminta kode One Time Password (OTP), yang sayangnya, diberikan oleh Luna Maya.

Menanggapi kejadian tidak menyenangkan yang dialami pelanggannya, General Manager External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap berbagai modus penipuan, termasuk yang mengatasnamakan program Telkomsel.

“Telkomsel tidak pernah meminta data diri, password, atau kode verifikasi dalam bentuk atau format apapun kepada pelanggan untuk berbagai alasan, termasuk dalam melakukan verifikasi data pemenang sebuah program,” tulis Aldin dalam pesan singkat yang diterima Selular.ID (3/2/2022).

Aldin menekankan, “Telkomsel tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul atas pemberian data rahasia kepada pihak lain baik dalam keadaan sadar maupun tidak.”

Untuk itu, Telkomsel mengharapkan partisipasi masyarakat untuk menjaga kerahasiaan data pribadi, data akses layanan finansial, dan data lainnya yang otoritasnya hanya berlaku untuk pemilik layanan seperti dengan tidak memberikan kode OTP, PIN, atau Magic Link kepada siapa pun, termasuk kepada pihak tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan petugas Telkomsel.

Baca Juga: 3 Jenis Modus Penipuan Yang Menguras Saldo Gopay

Segala informasi untuk pelanggan, lanjut Aldin, baik mengenai program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan dan akun resmi media sosial Telkomsel.

Saluran komunikasi 24 jam

Telkomsel juga telah menyediakan saluran komunikasi untuk pelanggan dapat melaporkan indikasi tindak kejahatan yang menyalahgunakan layanan Telkomsel.

Jika terjadi penipuan, pelanggan dapat menghubungi layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188, mengirimkan SMS pengaduan ke 1166 secara gratis dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN, akses chatting dengan asisten virtual di LINE, Telegram, dan Facebook Messenger Telkomsel, email cs@telkomsel.co.id, atau melalui facebook.com/telkomsel dan Twitter @telkomsel.

Informasi lebih lanjut mengenai waspada penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel dapat dilihat di sini.

“Telkomsel siap berkoordinasi jika sudah ada permohonan tindak lanjut secara resmi dari aparat penegak hukum, sesuai dengan laporan yang diajukan oleh masyarakat dan melakukan blokir sesuai permintaan pemerintah dan atau sesuai ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku,” pungkas Aldin.

Baca Juga: Akhir Tahun, Pastikan Redeem Telkomsel Poin Anda

Halaman berikutnya

Kronologi Luna Maya kena Tipu

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU