Sabtu, 2 Agustus 2025
Selular.ID -

Kinerja Huawei: Rontok di Smartphone, Berkembang di Pasar Notebook High End

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Jakarta, Selular.ID – Pecinta notebook kelas premium, khususnya penggemar Huawei pantas bergembira. Pasalnya, vendor yang terkenal karena kualitas produknya itu, baru saja meluncurkan MateBook 14s di Indonesia, Senin (22/11/2021).

Sebelum resmi menyambangi konsumen Indonesia, MateBook 14s telah lebih dulu meluncur di pasar China, September lalu. Sebulan berikutnya, Huawei MateBook 14s mulai go internasional. Inggris menjadi negara pertama di luar China, menandai peluncuran Huawei MateBook 14s di Eropa dan berbagai negara lainnya.

Sebagai notebook yang menyasar kalangan high end, Huawei MateBook 14s mengusung seabreg kelebihan, termasuk desain bodinya yang ramping dengan tepi yang tajam. Dibekali ayar Sentuh FullView 2.5K dan rasio aspek 3:2, pengalaman visual menjadi sangat mengesankan.

Laptop ini ditenagai oleh Prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11 terbaru. Ada satu set speaker quad dengan tweeter dan woofer untuk meningkatkan kualitas audio pada mesin. Mengetik pada MateBook 14s sangat menyenangkan karena menawarkan key travel 1,5mm.

MateBook 14s memiliki baterai berkapasitas tinggi 60Wh dan dipasangkan dengan adaptor daya 90W. Adaptor daya juga mendukung Huawei SuperCharge untuk berbagai pilihan smartphone dan tablet Huawei. Dengan semua fitur ini bersama dengan kebebasan konektivitas, Huawei MateBook 14s adalah alat yang sempurna untuk manajemen kerja.

Huawei sebelumnya lebih identik dengan bisnis jaringan dan smartphone. Bisnis laptop masih terbilang baru. Namun sejak meluncurkan Seri Matebook pada 2016, Huawei kini telah menguasai sekitar 17% pasar laptop China, kata Yu Chengdong, CEO Grup Bisnis Konsumen Huawei.

Secara keseluruhan, Huawei mengklaim sebagai produsen laptop terbesar kedua di China berdasarkan pangsa pasar, hanya di belakang Lenovo, pembuat PC terbesar di China dan juga dunia. KrASIA melaporkan bahwa bisnis PC Huawei tumbuh 214% tahun-ke-tahun di Q3 2019.

Kinerja Huawei di segmen laptop terbilang moncer. Pasalnya, pada 2018 pangsa pasar Huawei baru sekitar 2%. Namun sejak 2019, laptop Huawei di bawah merek MateBook dan Magicbook meningkat pesat dan melampaui pertumbuhan rata-rata pasar laptop China.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU