Jakarta, Selular.ID – Sejak dari awal penyebaran virus corona, Google fokus untuk memastikan orang-orang memiliki informasi dan sarana yang mereka perlukan untuk tetap mendapatkan informasi dan terhubung. Namun Google menyadari masih ada banyak hal yang harus dilakukan.
Mempromosikan sumber informasi kredibel
Di Indonesia, Google membantu masyarakat untuk menemukan rumah sakit dan tempat tes rujukkan terdekat yang sesuai dengan rekomendasi Kemenkes RI dan BNPB. Kini, jika Anda menelusuri “coronavirus tes dekat saya”, “tes virus corona dekat saya” atau “tes covid 19 dekat saya” di Google Search atau Maps, Google akan menunjukkan lokasinya yang paling dekat.
Rumah sakit dan tempat tes yang direkomendasikan oleh pemerintah akan ditandai dengan label “Pusat tes COVID-19” di bawah namanya. Google juga mengaktifkan notifikasi pengingat bagi orang-orang untuk memverifikasi informasi dengan menghubungi hotline “119” sebelum mereka mendatangi tempat tes.
Selain itu, Google menyediakan bagi masyarakat berita terbaru dan link ke informasi resmi dari Kemenkes RI dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang dipimpin oleh BNPB, di Peringatan SOS di Google Search.
Peringatan ini akan muncul untuk pencarian seputar “COVID-19” atau “virus corona”, dimana kita juga memunculkan informas seputar gejala dan pencegahan virus corona serta perawatannya dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Semua fitur ini tersedia dalam Bahasa Indonesia.
Informasi terpercaya di YouTube
Di beranda, penelusuran, dan sistem rekomendasi YouTube, Google lebih menonjolkan sumber-sumber yang kredibel sehingga mengarahkan pengguna yang mencari informasi ke organisasi-organisasi tersebut. Selain itu, di video yang terkait dengan COVID-19, ditampilkan panel informasi yang tertaut ke sumber kredibel lokal yang relevan seperti Kemenkes RI. Panel informasi dan banner dipicu untuk ditampilkan di semua penelusuran di YouTube terkait COVID-19 di 28 negara termasuk Indonesia.
Untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi terbaru dari sumber yang kredibel, Google juga meluncurkan Galeri “Berita COVID-19” di beranda YouTube, termasuk Indonesia.
Membantu orang tetap terhibur
Google juga ingin memastikan mereka tidak merasa terisolasi saat berada di rumah, dengan mempromosikan beberapa kreator dan channel “Sama Saya” di rumah aja.
Inisiatif ini memanfaatkan melonjaknya popularitas konten partisipatif dan interaktif di YouTube, seperti yang terlihat dari data Google. Rata-rata Upload video harian global yang judulnya berisi frasa “At Home” naik lebih dari 50% selama 10-15 Maret dibandingkan dengan upload harian rata-rata pada tahun 2020 sebelum 3 Oktober 2019. Di Indonesia, waktu tonton video yang berkaitan dengan “sama saya” naik sebesar lebih dari 180% di paruh pertama 2019.
Google melihat tren ini di beberapa vertical, mulai dari “Masak Sama Saya” dan “Mabar Sama Saya” hingga “Bersih-Bersih Sama Saya” dan “Belajar Sama Saya” serta 9 playlist lainnya, kreator dan komunitas kami memanfaatkan video untuk membantu orang-orang belajar, terhubung, dihibur, dan bertumbuh.