Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Huawei Implementasikan 5G di Dunia Penerbangan

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Huawei gandeng operator dan maskapai China dalam mengimplementasikan 5G untuk dunia penerbangan. Bersama-sama China Eastern Airlines dan China Unicom Beijing, Huawei meluncurkan sistem layanan travel cerdas berbasis 5G di Bandar Udara Internasional Daxing, Beijing.

Sistem layanan travel cerdas berbasis 5G tersebut mendukung ditingkatkannya penyuguhan pengalaman bagi penumpang di lokasi-lokasi bandara. Gelombang pertama kehadiran teknologi ini nantinya akan mendukung beragam layanan berbasis 5G, seperti teknologi pengenalan wajah untuk keperluan check-in dan keamanan, serta pemanfaatan aplikasi cerdas dan layanan bagasi nirkertas yang mendukung disuguhkannya pengalaman yang terpersonalkan bagi setiap penumpang yang berada di bandara.

Penggunaan teknologi 5G, AI dan AR dalam layanan-layanan tersebut menjadi standar baru diwujudkannya sebuah smart airport generasi masa depan. Penerapan teknologi-teknologi mutakhir di bandara tersebut, nantinya akan menjadi model dalam penerapan teknologi jaringan 5G Gigabit di area penerbangan sipil.

Kolaborasi yang terjalin antara pihak bandara dengan industri telekomunikasi mobile diharapkan akan makin memperkuat strategi branding bandara tersebut ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Penggelaran Huawei 5G LampSite, sistem digital dalam ruangan, untuk China Unicom Beijing pada bulan Agustus tahun ini, mendukung dihasilkannya cakupan jaringan 5G yang berkualitas di seputar terminal bandara.

Kecepatan jaringan pada saat pengujian di lapangan tercatat mencapai 1,2 Gbit/detik, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan bandara dalam menghadirkan layanan dan pengalaman 5G terbaik bagi penumpang.

Kemudahan Layanan Dengan Sistem Pengenalan Wajah

Di Bandar Udara Internasional Daxing, Beijing, nantinya penumpang China Eastern Airlines tidak perlu lagi memperlihatkan kartu tanda pengenal mereka atau memindai kode QR penerbangan, berkat adanya sistem layanan travel cerdas ini. Nantinya, penumpang bisa menuntaskan seluruh proses transaksi terkait dengan penerbangan mereka, dari pembelian tiket, proses check-in, penitipan bagasi, pengecekan keamanan, hingga siap terbang, cukup dengan memindai wajah.

Juga, teknologi pengenalan wajah ini juga akan memudahkan bagi awak pesawat dalam melakukan konfirmasi penumpang dan membantu mereka menempati tempat duduk yang sesuai.

Teknologi pengenalan wajah juga memberikan banyak kemudahan bagi personil yang bertugas di area ground, contohnya dalam mengidentifikasi penumpang dan menyampaikan informasi-informasi penerbangan penting kepada penumpang agar mereka tidak terlambat naik ke pesawat.

Layanan Perjalanan Udara yang Cerdas

Jaringan 5G China Unicom Beijing yang digelar oleh Huawei mampu mengakomodasi transmisi data dalam volume yang begitu besar, sehingga mendukung dihadirkannya layanan yang benar-benar dipersonalkan bagi tiap-tiap pelanggan maskapai China Eastern Airline. Informasi layanan bagi tiap-tiap penumpang dihantarkan secara otomatis melalui aplikasi yang diterbitkan oleh maskapai.

Dari pengiriman informasi pengingat untuk tiket yang sudah diterbitkan, proses check-in, boarding, adanya perubahan gerbang untuk boarding, klaim bagasi, hingga proses transfer penumpang, semuanya tersaji dengan baik untuk penumpang melalui layanan tersebut, dengan dukungan teknologi mutakhir.

Layanan Bagasi Nirkertas yang Nyaman bagi Penumpang

China Eastern Airlines juga meluncurkan layanan pelacakan bagasi berbasis 5G sebagai pelengkap untuk solusi RFID tagging yang sudah diterapkan sebelumnya. Kartu bagasi berbasis RFID memiliki penggunaan luas dan bisa dipakai ulang, serta punya durabilitas tinggi tersebut memudahkan bagi penumpang yang hendak melakukan check-in untuk bagasi.

Caranya adalah dengan mendekatkan kartu tersebut ke perangkat smartphone milik penumpang. Selanjutnya, sistem akan melakukan log nomor penerbangan dan tujuan bagasi secara otomatis, kemudian melakukan proses aktivasi untuk proses pengantaran bagasi, tanpa memerlukan tanda terima yang berupa kertas.

Dibandingkan cara-cara pengelolaan bagasi yang masih konvensional, layanan bagasi dengan menggunakan kartu bagasi permanen seperti ini dianggap lebih cerdas dan memberikan kenyamanan tersendiri bagi penumpang. Selain itu, penumpang bisa juga melacak status bagasi yang sudah mereka masukkan selama proses check-in di depan, melalui aplikasi China Eastern Airlines, kapanpun mereka mau.

Dengan cara ini, efisiensi pengelolaan bagasi meningkat. Staf bisa melakukan pengecekan proses pengelolaan bagasi dengan mudah, cepat, dan secara real-time.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU