Jakarta, Selular.ID – Untuk mendukung seamless connectivity (konektivitas tanpa hambatan) sekaligus pembayaran non tunai (cashless payment) bagi pelanggan Damri dan Grab di seluruh Indonesia.Damri dan Grab lakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Perum DAMRI, Grab dan OVO.
Kerja sama ini memberikan kemudahan bagi para penumpang yang tiba di terminal Damri di seluruh Indonesia. Para pelanggan Damri kini dapat melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi titik penjemputan resmi Grab dan langsung memesan layanan transportasi aman dan nyaman lewat GrabCar maupun GrabBike.
Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia menjelaskan, dengan berkembangnya ekosistem Grab saat ini, Grab senantiasa berinovasi dan menemukan beragam cara untuk memberikan layanan terpercaya dan relevan bagi para konsumen.
‘Kerja sama dengan Damri memberikan kemudahan akses berbagai jenis transportasi first and last mile yang dapat terintegrasi dan dinikmati oleh pelanggan Damri. Kami melihat kehadiran Grab secara resmi di terminal Damri di seluruh Indonesia kedepannya dapat mendukung tujuan Damri, untuk menyediakan kemudahan akses kepada pelanggannya baik masyarakat Indonesia maupun wisatawan asing untuk menikmati layanan mereka dari terminal Damri ke tujuan mereka di seluruh kota di Indonesia,” ujar Ridzki, dalam keterangan resminya.
Tatan Rustandi, Direktur Komersil dan Pengembangan Usaha Perum Damri menyatakan, melalui kerja sama strategis dengan Grab, Damri berharap dapat membuka lebih banyak akses kepada pelanggan dan masyarakat Indonesia kepada jenis transportasi lainnya. Menurutnya, ini sebagai bagian dari usaha untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang memanfaatkan jasa Damri dengan opsi pembayaran yang cepat, mudah serta cashless kepada pelanggan Damri.
“Kami akan terus bekerja lebih keras untuk menopang sistem transportasi yang ada di seluruh Indonesia dan semoga dapat menjadi contoh yang baik bagi kehadiran layanan pemesanan transportasi berbasis online dan opsi pembayaran cashless di lokasi-lokasi fasilitas umum di Indonesia,’kata Tatan.
Sementara Johnny Widodo, Direktur OVO menambahkan, bahwa kerja sama ini merupakan salah satu bentuk inisiatif OVO untuk membangun budaya pembayaran transaksi elektronik untuk mewujudukan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT), dimulai dengan pengalaman pembayaran digital yang simple dan aman dengan OVO.
Diakyakan Johnnu, saat ini OVO sudah memiliki 9.5 juta basis pengguna dan ke depannya OVO yakin antusiasme masyarakat akan pembayaran digital akan terus bertumbuh. Karena itu OVO juga mempersiapkan diri untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan layanan dan akses yang luas dan tersedia di semua tempat, salah satunya dengan hadir di titik-titik terminal Damri.
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara ketiga pihak ini merupakan bentuk dari komitmen bersama Grab dan OVO untuk tidak hanya menyediakan layanan transportasi yang nyaman, aman dan terjangkau tetapi juga pembayaran cashless bagi masyarakat Indonesia khususnya Pelanggan Damri.
Setelah penandatanganan Kesepahaman Bersama ini, kedepannya Pelanggan Damri dapat menikmati fitur GrabCar, GrabBike maupun GrabNow yang akan mempermudah pemesanan. Penumpang cukup mengunjungi titik penjemputan Grab atau GrabShelter yang terletak di terminal Damri.
Petugas Grab akan membantu pemesanan instan bersama dengan petugas yang membantu memindahkan barang bawaannya. Penumpang tentunya akan mendapatkan tarif Grab sesuai aplikasi yang sudah disetujui di awal dan memberikan kepastian harga yang terjangkau. Pelanggan Grab juga dapat menukarkan poin GrabRewards untuk mendapatkan tiket DAMRI dengan metode scan barcode/kode kupon.