Jakarta, Selular.ID – Setelah beberapa bulan mengutak-atik News Feed agar lebih personal dan mempersulit penyebaran berita palsu, Facebook mengatakan bahwa keseluruhan penggunaan telah turun “sekitar 50 juta jam setiap hari.”
Itu adalah angka penurunan yang sangat besar bagi Facebook, tapi tujuannya adalah membuat orang lebih banyak menggunakan Facebook dan melihat lebih banyak iklan Facebook.
CEO perusahaan Mark Zuckerberg tahu kalau saat-saat seperti ini akan datang, dan dia berpendapat bahwa untuk jangka waktu panjang, itu akan bermanfaat. Perusahaan merilis statistik pekan ini saat melaporkan pendapatan untuk kuartal keempat tahun 2017.
Untuk Q4 2017, Facebook menghasilkan pendapatan $13 miliar (Rp174 triliun) dan keuntungan $4,3 miliar (Rp57 triliun), naik dari $8,8 miliar (Rp118 triliun) dan $3,6 miliar (Rp48 triliun) kali ini tahun lalu.
Meski tumbuh, keuntungan masih meleset dari ekspektasi investor, meningkat hanya 19 persen secara per saham daripada mendekati 60 persen yang dikirakan, menurut laporan The Wall Street Journal.
Selama satu tahun 2017, Facebook mengalami kenaikan yang cukup berarti, melonjak hingga $40,6 miliar (Rp545 triliun) dan $15,9 miliar (Rp213 triliun), dari $27,6 miliar (Rp370 triliun) dan $10,2 miliar (Rp137 triliun) pada tahun 2016.
“2017 merupakan tahun yang luar biasa bagi Facebook, tapi juga merupakan tahun yang berat. Di tahun 2018 ini, kami berfokus untuk memastikan bahwa Facebook tidak hanya menyenangkan untuk digunakan, tetapi juga bermanfaat bagi kesejahteraan orang dan juga masyarakat.
Kami melakukan hal tersebut dengan mendorong hubungan yang lebih bermakna antar pengguna dibandingkan konsumsi pasif untuk konten. Di kuartal terakhir tahun lalu, kami telah membuat perubahan untuk menampilkan lebih sedikit video viral guna memastikan orang menghabiskan waktu dengan baik di Facebook.
“Secara total, perubahan yang kami lakukan telah mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook hingga lebih dari 50 juta jam per hari. Dengan berfokus pada hubungan yang bermakna, komunitas dan bisnis kami akan semakin kuat untuk jangka waktu yang lebih panjang.”
– Mark Zuckerberg, Founder dan CEO Facebook.
Jumlah pengguna yang mengakses Facebook pada Q4 2017:
– Pengguna Aktif Harian atau Daily Active Users (DAUs) – rata-rata 1,4 miliar orang menggunakan Facebook setiap hari, naik 14% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.
– Pengguna Aktif Bulanan atau Monthly Active Users (MAUs) – menurut data per 31 Desember 2017, rata-rata pengguna aktif bulanan Facebook mencapai 2,1 miliar, naik sebesar 14% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.
Pencapaian yang telah diraih Facebook pada Q4 2017:
– Pengguna yang mengakses WhatsApp setiap bulannya mencapai 1,5 miliar, dan mereka mengirimkan lebih dari 60 juta pesan setiap harinya. Pertambahan tersebut terjadi di antara pengguna reguler dan bisnis, sehingga kami meluncurkan WhatsApp Bisnis – sebuah aplikasi yang didesain secara khusus bagi bisnis kecil dan menengah untuk terhubung dengan konsumen yang ingin mereka jangkau.
– Secara global, lebih dari 70 juta bisnis menggunakan Facebook.
– Lebih dari 2 juta pengiklan aktif beriklan di Instagram dan lebih dari dari 25 juta bisnis memiliki profil bisnis di Instagram.