Jakarta, Selular.ID -Menyadari bahwa pekerjaan menjadi sebuah keputusan penting dalam hidup seseorang, Tokopedia, disebut-sebut berupaya untuk menghadirkan suasana bekerja yang menyenangkan dan dapat menjawab resolusi bagi kurang lebih 1.800 karyawan Tokopedia yang disebut sebagai Nakama.
Dalam keterangan resminya Pramesti Tyas Wibawanti (Tyas), Head of People Tokopedia menjelaskan, bahwa Nakama diambil dari bahasa Jepang yang artinya teman yang memiliki hubungan layaknya keluarga, saling mendukung dalam keadaan apapun dengan memberikan semangat untuk berusaha meraih impian bersama-sama
“Jumlah Nakama Tokopedia telah bertambah lebih dari 1.000 orang dalam 12 bulan terakhir. Dari total sekitar 1.800 orang saat ini, 40% dari Nakama merupakan karyawan perempuan dengan empat perempuan yang merupakan engineer di Tokopedia dan tercatat bahwa 80 generasi millennial,”kata Tyas
Lebih jauh Tyas menjelaskan, focus on Consumer, Growth Mindset dan Make it Happen-Make it Better adalah 3 DNA yang tidak pernah terlepas dalam diri Nakama. Dengan filosofi open door, Tokopedia menyadari bahwa setiap Nakama punya ciri yang berbeda namun mampu berjuang dan bekerja dengan satu fokus yang sama. Melalui keberagaman tersebut, berbagai inovasi dapat dihadirkan Nakama.
Untuk menanamkan kedua semangat ini sejak dini, proses orientasi merupakan hal yang sangat penting bagi para Nakama baru Tokopedia.
“Sebelum mulai melebur dalam dunia kerja di divisinya, para Nakama baru akan mengikuti kegiatan orientasi di minggu pertama bekerjanya yang kami namakan Nakama Academy. Melalui kegiatan ini, Nakama juga diajak untuk tahu lebih dalam mengenai misi Tokopedia.”kata Tyas lagi
Selain Nakama Academy, untuk menanamkan semangat kekeluargaan secara lebih mendalam, Tokopedia juga secara rutin menggelar program-program, seperti misalnya Nakama Buddy dimana Tokopedia akan menunjuk karyawan yang lebih senior untuk mendampingi Nakama baru dalam proses adaptasi.
Pendampingan ini pun meliputi banyak hal, mulai dari pengenalan budaya perusahaan secara general, sampai hal-hal kecil seperti menemani makan siang. Selain program-program seperti ini, semangat kekeluargaan dari para Nakama Tokopedia ini juga tercermin dari berbagai hal lain, seperti misalnya tidak adanya sekat antar meja, bahkan dengan para petinggi manajemen perusahaan.
Tyas menambahkan bahwa sebagai perusahaan teknologi, Tokopedia percaya bahwa sumber daya manusia menjadi unsur penting dalam perkembangannya.
Salah satu hal yang membuat Tokepedia bangga adalah, sebagian besar Nakama yang mengikuti perjalanan Tokopedia dari awal berdiri, masih tetap setia dan percaya dengan semangat Tokopedia dan mengembangkan Tokopedia lebih baik lagi setiap tahunnya.
“Resolusi kami setiap tahunnya adalah menjadi tempat bekerja terbaik bagi Nakama dan semua orang. Apabila dari dalam kuat, kami yakin dapat memberikan yang terbaik bagi seluruh pengguna kami.” tutur Tyas
Tyas menambahkan, sejak delapan tahun yang lalu, perkembangan Tokopedia juga tidak lepas dari kerja keras dan semangat bambu runcing Nakama yang bekerja di balik ‘dapur’ Tokopedia.