Sabtu, 2 Agustus 2025
Selular.ID -

Akun Bisnis di Instagram Capai 25 Juta Pengguna

BACA JUGA

instagramJakarta, Selular.ID – Instagram belum lama ini mengumumkan perkembangan komunitas bisnisnya yang telah tumbuh menjadi 25 juta akun. Dalam keterangan resminya disebutkan komunitas bisnis Instagram didominasi oleh Usaha Kecil dan Menengah. Jumlah ini meningkat dari total 15 juta akun pada bulan Juli lalu.

Saat ini terdapat 800 juta akun aktif setiap bulannya untuk mengikuti passion mereka di Instagram dan semakin banyak pengguna yang menggunakan platform Instagram untuk terhubung dengan bisnis yang mereka sukai. Faktanya, lebih dari 80% akun Instagram telah mengikuti satu akun bisnis, dimana 200 juta pengguna di antaranya telah mengunjungi profil bisnis secara aktif setiap harinya. Hasilnya, komunitas Instagram berkontribusi besar dalam mendukung pertumbuhan bisnis-bisnis ini. “Dua pertiga kunjungan ke profil bisnis datang dari orang-orang yang tidak mengikuti bisnis tersebut.” – Data Instagram, November 2017.

Melalui konten visual yang mereka bagikan, akun-akun bisnis kini terus membangun koneksi berharga dan mendorong percakapan lebih jauh. Instagram telah menjadi platform utama untuk menunjukkan eksistensi digital mereka, contohnya perusahaan sepatu AMAZARA (@amazara.id). Berbasis di Indonesia, AMAZARA menggunakan Instagram sebagai platform utama untuk berinteraksi dengan para pelanggan. Melalui kombinasi post yang menarik, Instagram Stories dan Direct, brand ini berhasil mengembangkan bisnisnya dan merekrut sebanyak 70 pegawai dalam kurun waktu dua tahun.

Hal ini terjadi karena pengguna Instagram tak lagi mengunjungi platform tersebut untuk sekedar mencari informasi. Dengan satu di antara tiga UKM di Instagram yang menyatakan bahwa mereka membangun bisnisnya melalui Instagram, Instagram tidak hanya menjadi tempat menemukan informasi mengenai bisnis melainkan tempat melakukan kegiatan bisnis.

“Dengan berkembangnya aktivitas berbelanja dalam Instagram di Amerika Serikat, kami menemukan bahwa beberapa brand seperti Man Outfitters (@manoutfitters), WYLDER (@wyldergoods) dan Letterfolk (@letterfolk) menggunakan tag belanja untuk membantu orang menemukan produk baru yang mereka sukai. Melalui insight terbaru, bisnis kini dapat melihat bagaimana mereka ditemukan dalam Instagram – baik melalui feed, tag lokasi, hashtag, maupun explore,” bunyi keterangan resmi Instagram tersebut.

“Ketika Anda hanya memiliki sepersekian detik untuk menarik perhatian pelanggan secara organik, kemampuan untuk menghubungkan mereka dengan produk yang menarik perhatian merupakan hal yang berharga. Pelanggan yang mengikuti akun bisnis untuk mencari konten yang berkualitas kini dapat dengan mudah diarahkan kepada produk-produk tertentu tanpa mengacaukan kebiasaan browsing mereka, bahkan mereka yang tidak terlalu tertarik pada konten promosi juga akan memperhatikannya. Kami tidak lagi harus menjawab pertanyaan ‘Di mana saya dapat membeli baju ini?’ dalam konten promosi – karena apapun yang mereka butuhkan untuk menemukan produk tersebut telah tercantum dalam tag shopping di Instagram.” – Joe Nullet, VP of Branding & Marketing, Man Outfitters.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU