Jakarta, Selular.ID – Beberapa produk Google di Indonesia cukup mendulang sukses, sebut saja Youtube offlline dan Map offline
Sehingga Ini yang membuat Google menjadikan Indonesia sebagai tolok ukur kesuksesan produk Google, sebelum mereka menghadirkannya di tempat lain.
“Indonesia, kerap menjadi tolok ukur kesuksesan produk Google sebelum hadir di tempat lain, sehingga ini yang membuat kami lebih mengutamakan indonesia untuk mengenalkan produk kami, sebelum yang lain,” ujar Caesar Sengupta, Vice President Tim Next Billion Users Google, di sela-sela peluncuran Datally di Jakarta (30/11/17)
Tidak hanya itu saja, menurut Caesar, Google juga kerap menjadikan Indonesia sebagai salah satu tempat studi, selain karena banyak yang menyukai produk Google dan banyak pengguna internet, konsumen Indonesia sering memberikan umpan balik yang positif.
“Pengguna internet Indonesia umumnya anak muda dan orang yang baru menggunakan internet,” kata Caesar.
Caesar menambahkan mereka cenderung mengakses internet dari perangkat mobile dan suka mencoba berbagai aplikasi baru
Sebagai informasi, Youtube meluncurkan fitur offline di Indonesia psda 2014, sebagai inisiatif untuk memudahkan pengguna di Indonesia menonton video melalui ponsel, sekaligus mengurangi beban data bagi pengakses Youtube melalui ponsel yang jumlahnya terus meningkat.
Sementara Google Maps memungkinkan jika pengguna bepergian ke tempat yang Internetnya lambat, tarif data selulernya mahal, atau tidak ada koneksi Internet, pengguna dapat menyimpan area dari Google Maps ke ponsel atau tablet dan menggunakannya saat offline.
Kedua produk dari Google ini sangat diandalkan pengguna internet di Indonesia untuk melihat video dan peta jalan.