Minggu, 3 Agustus 2025
Selular.ID -

Alibaba Gabungkan Online dan Offline pada 11.11 Global Shopping Festival

BACA JUGA

IMG_20171103_051325
Jakarta, Selular.ID – Alibaba Group secara resmi menggelar 11.11 Global Shopping Festival. Festival tahunan yang diadakan setiap 11 November ini memperkenalkan konsep New Retail sebagai fokus tahun ini.

Daniel Zhang Alibaba Group CEO dalam keterangan resminya menjelaskan, konsep New Retail memperlihatkan masa depan ritel dengan menanamkan elemen toko fisik di media sosial, konten interaktif, dan hiburan dalam satu ekosistem yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Festival belanja online terbesar yang diselenggarakan sejak 2009 bentuknya pun berevolusi dari penjualan online 24 jam menjadi festival belanja 24 hari, baik di platform online maupun pusat perbelanjaan. Dikatakan Zhang setengah miliar konsumen di seluruh dunia dapat menikmati promosi dan penawaran dari 140 merek dan 15 juta produk yang terdaftar.

“Kabar gembiranya, masyarakat internasional, termaksud Indonesia dapat memiliki koleksi Taobao dari platform Lazada. Alibaba mengakuisisi saham Lazada yang menjadi platform e-commerce unggulan se-Asia Tenggara sejak April 2016,”ujar Zhang

Lebih jauh dia menuturkan, tahun 2016, bermacam-macam produk Indonesia dipesan oleh konsumen Tiongkok. produk-produk tersebut di antaranya merupakan makanan ringan ternama seperti Chitato, Qtela, dan Dua Kelinci, dan produk yang paling banyak dipesan adalah kopi instan Kopi Luwak.

Dengan meningkatnya minat konsumen dalam memesan produk dari luar negeri, festival tahun ini akan menjadi kali pertama para pedagang dan konsumen merasakan pengalaman konsep New Retail yang menjadi strategi Alibaba untuk mendefinisikan ulang perdagangan dengan mengintegrasi kegiatan online dan offline.

Melihat integrasi dua dunia tersebut, Zhang mengatakan, 11.11 Global Shopping Festival merupakan kolaborasi bisnis berskala besar yang menyatukan konsumen, pedagang, perusahaan logistik, institusi keuangan, toko online dan fisik, serta pusat perbelanjaan di seluruh dunia.

Selain itu, Alibaba juga akan berkolaborasi dengan 52 pusat perbelanjaan untuk mendirikan 60 toko kecil yang didukung dengan konsep New Retail di 12 kota Tiongkok. Konsumen dapat merasakan pengalaman baru pada saat mengunjungi toko-toko tersebut, salah satunya mencoba lipstik dengan menggunakan augmented reality (AR).

“Festival tahun ini merupakan kesempatan yang baik untuk menunjukan inisiatif New Retail yang dipelopori oleh Alibaba,” tambah Zhang.

Tidak hanya itu, untuk mendorong konsumsi online, Alibaba akan memanfaatkan aset media dan hiburannya untuk permainan augmented-reality, seperti “Catch the Cat” (Tangkap Kucingnya). Tokoh kucing dalam permainan ini adalah maskot Tmall, salah satu marketplace milik Alibaba yang menawarkan produk-produk dari merek ternama serta pengalaman belanja premium.

Melalui permainan ini, para konsumen bisa mendapatkan kupon promosi dan hadiah spesial ketika mereka berhasil menemukan dan memindai maskot Tmall tersebut menggunakan aplikasi Taobao yang ada di telepon genggam mereka.

Kemudian See Now, Buy Now Fashion Show yang menghadirkan pengalaman baru dalam belanja online. Yakni dengan memanfaatkan platform media dan e-commerce miliknya,.

“Alibaba menghadirkan pengalaman baru untuk konsumen di mana penonton acara peragaan busana See Now, Buy Now bisa langsung membeli produk yang diperagakan,”kata Zhang

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU