Jakarta, Selular.ID – Industri e-commerce yang tumbuh pesat belakangan ini, memberi kesempatan bagi para pelaku usaha khususnya UKM untuk memperluas pasar sekaligus meningkatkan penjualan. Namun berbagai kendala menghadang para pelaku UKM tersebut. Tak hanya persoalan klasik, seperti keterbatasan modal usaha dan jaringan. Namun juga menyangkut skill dan pengetahuan, termasuk kemampuan di bidang audio visual.
Menurut praktisi photography Andi Agustian, meski menjanjikan, e-commerce yang berbasis tampilan layar menuntut para pelaku usaha agar dapat mengoptimalkan komunikasi visual melalui berbagai medium, seperti foto, video dan deskripsi tulisan.
Berangkat dari persoalan tersebut, Andi pun tergerak. Pengalaman di bidang photography dan pembuatan video menimbulkan gagasan untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan bagaimana menghasilkan tampilan visual produk. Khususnya untuk digunakan di medsos dan marketplace dengan mengoptimalkan fungsi kamera pada smartphone yang umumnya sudah mereka miliki.
“Tantangannya adalah bagaimana caranya membuat foto produk yang mudah dan murah tetapi mampu menarik minat pembeli sekaligus bagaimana cara memanfaatkan media digital untuk kemajuan usaha pelaku UKM”, ujar pria yang lama bergelut di bidang marketing communication ini.
Alhasil, sejak beberapa waktu lalu, Andi yang pernah lama bergabung dengan Telkomsel, rutin menggelar pelatihan bertema “Motret Pake Hape”, bersama UKM binaan Bank BJB di beberapa kota seperti Cilegon, Serang, Purwakarta dan Cirebon.
Selain itu, Andi juga terlibat dengan kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat. Seperti menjadi narasumber bidang Branding & Packaging program Wira Usaha Baru di Balai Latihan Koperasi Provinsi Jawa Barat.
Ia juga menjadi nara sumber berbagai seminar dan lokakarya. Seperti seminar foto dan video berbasis smartphone bersama “Youth Digital Academy” Telkomsel Kendari dan Telkomsel Palu, yang digelar belum lama ini.
Andi berharap, kiprahnya selama ini dapat membantu dan mengentaskan para pelaku usaha khususnya UKM dan juga kalangan muda, agar lebih kompetitif dalam memanfaatkan medium digital, seperti e-commerce dan media sosial untuk meningatkan penjualan.