Bangkok, Selular.ID – Dengan magnet sebagai kota perdagangan, jasa dan religius, Bangkok belakangan telah menjelma menjadi destinasi wisata terpopuler di dunia. Catatan Mastercard Global Destinations Cities Index (GDCI) menunjukkan, sepanjang 2016, sebanyak 21,47 juta wisatawan manca negara berkunjung ke Bangkok.
Pencapaian Bangkok itu terbilang mengejutkan, karena mampu mengalahkan London dan Paris. Sebelumnya selama bertahun-tahun, ibu kota Inggris dan Perancis itu merupakan langganan teratas tujuan para turis di seluruh dunia.
Predikat sebagai kota terpopuler bagi para turis, tentunya merupakan buah dari kerja keras para pemangku kepentingan di sana. Pemerintah, dunia usaha dan masyarakat Thailand, sangat menyadari bahwa industri pariwisata dapat menjadi ladang yang subur untuk meningkatkan perekenomian, sekaligus menjadi bagian dari jati diri untuk mendongkrak daya saing mereka di pentas global.
Alhasil, dunia usaha di sana pun berlomba-lomba memberikan fasilitas dan layanan terbaik untuk para wisatawan. Melengkapi hotel dengan beragam kelas, pusat-pusat perbelanjaan juga dibangun dengan megah. Salah satunya adalah MBK Shopping Malls.
MBK Center bisa disebut sebagai pusat perbelanjaan paling legendaris di Bangkok. Tidak hanya populer dengan turis namun juga penduduk lokal. Ribuan orang berbelanja setiap harinya..
Mall ini punya delapan lantai yang dilengkapi dengan 2.000 toko yang menjual segala hal mulai dari pakaian, aksesoris mode, tas tangan, produk kulit dan barang bawaan untuk perabotan, ponsel, peralatan listrik, kamera, alat tulis, DVD dan lainnya.
Diluncurkan pada 1986, MBK Center yang memiliki luas lebih dari 89.000 meter persegi kini menjadi magnet belanja, terutama pada akhir pekan, saat penduduk mengincar barang murah. Berbeda dengan Siam Discovery, Siam Center dan Siam Paragon yang mewah, MBK bukan mal kelas atas. Kombinasi antara banyaknya barang dan harga yang jauh lebih murah, telah menjadi daya tarik utama bagi turis dan penduduk lokal.
Selain itu, lokasi MBK juga sangat mudah dijangkau, karena terhubung langsung dengan Stasiun BTS Skytrain atau kereta udara, MRT andalan Bangkok. Jadi pengunjung hanya perlu jalan kaki beberapa menit saja.
Untuk Anda yang menggunakan jasa taksi, tinggal bilang ke sopir, tanpa banyak bertanya mobil akan segera meluncur ke MBK. Meski memang untuk mencapai lokasi dengan taksi atau mobil pribadi bisa jadi lebih lama, mengingat Bangkok tak ubahnya seperti Jakarta yang didera kemacetan parah. Apalagi pada jam-jam sibuk.
Nah, di sela-sela sela-sela peluncuran jagoan baru dari Motorola, Moto Z2 Play di Hotel Okura, Bangkok (6/7/2017), saya menyempatkan diri ke MBK. Selain berbelanja souvenir, makanan ringan dan T-shirt murah, saya menyempatkan diri mampir ke lantai empat.
Lantai empat MBK memang dikhususkan untuk penggila belanja yang tengah mencari tengah ponsel, DVD, CD dan semua jenis gadget dan perlengkapan terkait. Kios-kios berukuran sedang dengan show case penuh dengan barang belanjaan, dijejalkan ke setiap ruang yang tersedia.
Ponsel baru, ponsel bekas, paket perdana, DVD (game) terbaru, game PC dan konsol game, MP3 player, perangkat elektronik portable lainnya dan barang aksesoris, semuanya tumplek blek.
Kondisi itu nyaris seperti pusat belanja ponsel di Jakarta, seperti Roxy Mas, PGC, Fatmawati Mas, atau Cempaka Mas. Hiruk pikuk pedagang menawarkan barang dagangan, sangat terasa saat kaki mulai menjejak lantai ini. Suasana tawar menawar memang sangat terasa di sini. Setiap penjual berusaha merayu agar pengunjung mau mengeluarkan Baht dari dompetnya.
Seperti halnya Roxy Mas, pusat belanja ponsel di lantai 4 MBK ini juga super lengkap. Segala jenis smartphone terbaru dari berbagai merek terkemuka bisa didapatkan di sini. Dengan harga bervariasi, tergantung model dan mereknya.
Menurut penuturan seorang wiraniaga wanita di gerai Mother Mobile, omset tokonya terbilang bagus, terutama di akhir pekan, meski ia tidak mengungkapkan berapa persisnya. Sementara jumlah pembeli lokal maupun turis terbilang fifty-fifty.