Jakarta, Selular.ID –Huawei mengklaim berhasil meraih pertumbuhan yang signifikan sepanjang tahun 2016, dimana sebagian besar merek smartphone di dunia mengalami pertumbuhan yang stagnan.
Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Counterpoint, secara global pengiriman smartphone telah mendekati 1,5 miliar unit dimana 30% diantaranya dikuasai oleh vendor-vendor smarphone asal Tiongkok. Laporan Counterpoint, yang berjudul ‘The Quarterly Market Minitor Q4 2016’, memperlihatkan pengiriman smartphone Huawei menduduki posisi ketiga setelah Samsung dan Apple dengan total pengiriman 139 juta unit per Tahun Baru Tiongkok 2016, dimana total pengiriman untuk pasar luar negeri Huawei nyaris setara dengan pengiriman untuk pasar domestik Tiongkok, yaitu mencapai 45% dari total pengiriman. Peringkat keempat dan kelima sendiri ditempati oleh brand Tiongkok lainnya, yaitu Oppo dan Vivo.
Dalam hal strategi dan eksekusi global, Huawei memperkuat kehadiran di pasar luar negeri, berinvestasi untuk memperkuat strategi penjualan, paten, serta pemasaran produk, guna memastikan produk andalan dapat diluncurkan tanpa hambatan.
Di sisi penjualan produk, Huawei menjalin kerjasama dengan beragam operator telekomunikasi di seluruh dunia. Pada akhir tahun 2016, Huawei Consumer Business Group telah mengantongi lebih dari 11.000 paten dan manambahkan setidaknya 1.500 paten baru setiap tahunnya. Selain itu, Huawei Consumer Business Group juga telah menandatangani rangkaian perjanjian hak kekayaan intelektual dengan pemain besar di industri telekomunikasi, seperti Ericsson, Qualcomm, dan Nokia. Kesemuanya ini memungkinkan Huawei untuk telah melewati banyak keterbatasan dalam hal paten dan memperlancar langkah Huawei menuju globalisasi.
Perihal strategi pemasaran, Huawei telah membangun kerjasama dengan merek-merek ternama dan terdepan di industrinya, seperti Leica dan Porsche Design, untuk membantu Huawei dalam memperkuat mereknya di pasar global dan memperluas kehadiran di negara-negara lain di dunia.
Untuk pasar Eropa, Huawei telah memperlihatkan kinerja performa yang sangat baik. Saat ini, Huawei telah dikenal sebagai merek premium yang memimpin pasar, baik dari segi pangsa pasar maupun visibilitas dari merek Huawei. Huawei juga mencatat pertumbuhan yang sangat signifikan di pasar-pasar lain seperti Afrika Utara, Amerika Latin, dan Asia Tengah.
Menurut data yang dikeluarkan oleh berbagai lembaga riset pemasaran seperti GfK, IDC, dan Counterpoint, Huawei memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan di pasar global sepanjang tahun 2016. Pertumbuhan ini juga didorong oleh terobosan baru pada pasar-pasar utama.