Jakarta, Selular.ID – Selain membidik segmen rumahan, First Media, selaku penyedia layanan internet kabel juga sudah merangsek ke segmen korporat. Untuk pelanggan korporat perusahaan mengoperasikan jaringan kabel Hybrid Fibel Coaxial (“HFC”) yang menyediakan layanan akses internet berkecepatan tinggi.
Meski secara jumlah, angka pengguna koporat First Media masih jauh dibandingkan pengguna rumahan. Namun, secara kontribusi, segmen korporat First Media sudah menyumbang pendapatan yang tergolong baik. Hal ini seperti diutarakan oleh Edward Sanusi, selaku Operation Director PT Link Net Tbk.
Dibanding pengguna residensial (rumahan) yang sudah meng-cover 1,3 juta rumah dengan pelanggan hampir 600 ribu, basic service untuk segmen korporat First Media diakui oleh Edward masih sekitar 3000 pelanggan.
“Memang jumlahnya lebih kecil, tetapi sebenarnya walau jumlahnya kecil (segmen) korporasi sudah menyumbang hampir 17% dari total revenue kami. Karena korporasi biasanya minimal langganan internet kecepatan tinggi,” tandasnya.
Lebih lanjut, Edward mengatakan dengan layanan sektor rumahan yang tergolong besar, hal itu disebut mendukung infrastruktur segmen korporasi.
Bicara mengenai jangkauan, Edward menegaskan bahwa saat ini layanan perusahaan paling besar masih terkonsentrasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya (seperti Bogor, Bekasi, Tangerang). Kendati demikian, First Media berencana untuk memperluas layanannya di wilayah lain.
”Rencananya kami juga akan merambah ke arah barat, seperti ke arah Serang. Di Jawa Timur kami juga sudah mencakup ke Surabaya, Gresik, Sidoarjo sampai ke Malang. Bali kami juga punya footprint di sana. Bandung juga kami punya banyak sekali, terutama di Bandung Selatan. Dan yang baru itu kita saat ini sedang bangun di Medan. Ke depannya tentu kota-kota lain juga kami siapkan,” tutup Edward.