Jakarta, Selular.ID – Walau dikenal sebagai pasar yang besar, tapi bukan perkara mudah untuk menaklukan konsumen di Indonesia. Hal ini setidaknya bisa terlihat dalam persaingan di industri teknologi, terutama yang terkait dengan dunia selular dan sejenisnya.
Dalam binis teknologi, pasar Indonesia seakan menjadi anomali tersendiri bagi para produsen. Di Indonesia, sesuatu teknologi yang menjadi tren, belum tentu bisa sukses ketika bersaing di Tanah Air.
Salah satu bukti kondisi di atas, bisa terlihat dari aplikasi mesengger terpopuler di Indonesia. Sepintas WhatsApp begitu merajai persaingan aplikasi mesengger di Indonesia, tapi hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar.
Merujuk pada laporan yang dirangkum perusahaan analitik digital, SimilarWeb, ternyata popularitas WhatsApp di Tanah Air, masih kalah dengan BlackBerry Mesengger.
Berdasarkan data detail yang Selular.ID terima, dari 187 negara pengguna Android di dunia, WhatsApp adalah aplikasi pesan instan terfavorit di 109 negara. Sedangkan Indonesia adalah negara satu-satunya di mana pengguna BBM masih yang terbesar.
Lebih lanjut diterangkan, orang Indonesia masih tetap setia menggunakan BBM dalam berkomunikasi sehar-hari. SimilarWeb menyatakan, 87,5% pengguna Android di Indonesia menginstal BBM.
Dengan kondisi tersebut, tidak heran jika BlackBerry masih optimis dengan pasar Indonesia. Sikap optimis tersebut, ditunjukan dengan mulai melakukan penjualan BlackBerry Aurora, untuk pasar Indonesia.