Minggu, 3 Agustus 2025
Selular.ID -

5 Jurus Gaet Repeat Visitor di Bisnis E-commerce

BACA JUGA

fashion e-commerce tablet

Jakarta, Selular.ID – Bagi para pemilik bisnis dan marketer, analisa jumlah pengunjung berulang atau repeat visitor dapat menunjukkan efektifitas dari strategi marketing yang dilakukan. Hal ini karena, pengunjung yang berulang kali mengunjungi sebuah website atau repeat visitor ini memiliki dampak yang besar terhadap penjualan dan pendapatan bisnis.

Repeat visitor memiliki kemungkinan untuk berubah pikiran untuk membeli atau menjadi pelanggan dan dapat merujuk lebih banyak pengunjung ke website Anda. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku bisnis untuk menarik sebanyak mungkin repeat visitor ke website mereka.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membawa repeat visitor kembali mengunjungi website Anda. Berikut adalah lima hal yang perlu pelaku bisnis e-commerce lakukan:

1. Perbaharui Situs dengan Konten-konten Segar
Tentunya orang membutuhkan konten yang baru setiap harinya. Memperbarui konten situs Anda secara rutin akan memberikan sesuatu yang baru bagi pengunjung situs setiap kali mereka berkunjung. Pertimbangkan untuk menyediakan laman “Kabar terbaru?” atau “Tips hari ini” sehingga situs Anda menyajikan info terkini dari perusahaan Anda. Jangan lupa untuk memperbarui grafis situs secara berkala agar menyegarkan situs secara keseluruhan. Anda juga bisa menggaet pelanggan untuk kembali dengan cara mengumumkan tawaran atau promosi yang akan datang, sehingga mereka pun terpikat untuk kembali berkunjung ke situs Anda.

2. Tawarkan Nilai atau Diskon Tambahan
Pelanggan pada umumnya akan senang bisa mendapatkan sesuatu yang eksklusif yang tidak bisa didapatkan di tempat lain, sehingga mereka merasa spesial dan dihargai. Berikan diskon dan sampel gratis, atau buatlah program loyalty yang memberikan penawaran hadiah. Anda juga bisa mengidentifikasi partner atau perusahaan lain yang menawarkan produk lain dan jasa tambahan untuk Anda – karena Afiliasi Anda dengan situs lainnya akan membantu dalam membangun kredibilitas usaha.

3. Bersosialisasi dan Undang Mereka Kembali
Bangun dan kembangkan jangkauan media sosial Anda melalu tombol berbagi (sharing) yang memperkenankan pengunjung situs untuk bergabung dan me-like situs media sosial Anda pada Facebook, LinkedIn, Instagram, dan Twitter. Semakin banyak like, shares, dan tweet yang Anda miliki semakin brand awareness Anda akan semakin terbangun. Dan ketika konsumen semakin mengenali suatu brand , maka kemungkinan menjadi repeat visitor akan semakin besar. Sediakan juga mereka pilihan untuk menandai (bookmarking) dan menambahkan situs Anda menjadi link favorit mereka untuk memudahkan para pengunjung kembali ke situs Anda.

4. Tetap Berhubungan
Tetap berhubungan dan menjaga kontak dengan pengunjung situs menciptakan rasa memiliki terhadap brand dan rasa aman terhadap situs Anda. Tawarkan bagi mereka pilihan buletin bulanan gratis tentang produk barang dan jasa Anda. Ketika Anda memiliki alamat email mereka, kirimkan penawaran spesial atau harga promo untuk menarik mereka kembali ke situs Anda. Pertimbangkan untuk menambahkan RSS feed juga. Dengan membawa konten yang segar kepada konsumen secara langsung setiap harinya, Anda akan mendorong kunjungan yang berulang.

5. Berikan Kepercayaan dan Keyakinan
Pada akhirnya dua hal inilah yang diinginkan oleh pengunjung baru maupun pelanggan. Anda juga dapat memberikan hal tersebut melalui pemberian layanan berkualitas tinggi secara konsisten, memenuhi komitmen pengiriman, dan menyelesaikan masalah dengan cepat. Konsumen yang memiliki pengalaman buruk mungkin tidak akan kembali lagi apapun alasannya, oleh karena itu pastikan Anda memberikan apa yang Anda janjikan.

Sekali pengunjung baru kembali mengunjugi situs Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk berbelanja dan berinteraksi lebih jauh dengan bisnis Anda. Oleh karena itu, penting untuk memasarkan secara langsung kepada pengunjung kembali dan pengunjung berulang (return and repeat visitor) karena sangat mungkin pendapatan Anda sebagian besar akan berasal dari mereka. Anda hanya perlu mengubah pengunjung berulang menjadi pelanggan atau konsumen berulang yang berkali-kali berbelanja di bisnis Anda.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU