Jakarta, Selular.ID – Layanan digital (Digital Services) yang dijalankan oleh PT XL Axiata Tbk (XL) disebut-sebut menunjukkan performa cukup bagus. Dari Laporan kinerja XL di semester 1 2016, menunjukkan Layanan Digital XL mengalami pertumbuhan penjualan sebesar 40.4% YoY.
Joseph Lumban Gaol, Chief Digital Services Officer XL, mengungkapkan kendati mengalami pertumbuhan, namun saat ini kontribusi dari layanan digital pada pendapatan perusahaan masih kurang dari 5%. Untuk mampu mencapai target memperbesar kontribusi pendapatan bagi perusahaan, XL berusaha terus meningkatkan kualitas layanan digital yang ada di paruh kedua 2016 ini.
“Kedepannya, target kontribusi ini dapat meningkat di atas 5%. Kami harus bekerja keras dan yakin akan bisa mencapainya.” ujar Joseph di Jakarta (26/08/16)
Joseph melanjutkan, untuk mencapai target tersebut, ada tiga hal yang akan diterapkan oleh XL sepanjang semester 2 tahun ini. Pertama adalah fokus di beberapa inisiatif transformasi XL yang sudah ada dan sangat relevan dengan dunia layanan digital. Sebagai contoh, di semester 2 nanti, XL akan gencar memasarkan solusi mobile broadband berbasis 4G untuk pasar Small Medium Enterprise (SME).
Kedua, mempercepat transformasi organisasi untuk menuju sales atau market centric organization. Salah satu bentukannya adalah dengan membentuk tim khusus yang menangani SME market. Terakhir atau yang ketiga adalah terus berupaya dan konsisten dalam membangun ekosistem layanan digital demi mendukung program ekonomi digital pemerintah.
” Kami yakin dengan 3 hal itu XL mampu mencapai target, dan menjadikan layanan digital sebagai bisnis masa depan XL Axiata,”tutur Joseph.