
Jakarta, Selular.ID – Program peningkatan kualitas layanan mobile broadband yang diusung dengan nama True Broadband Experience (TrueBEx) yang digelar Telkomsel sepanjang 2015, menunjukkan hasil yang signifikan. Hingga akhir tahun lalu, program ini sudah menjangkau 30 Kota di seluruh Indonesia yang meliputi 1000 POI (Point of Interest). Pada 2016 program ini akan diperluas menjadi 80 kota dan meliputi sebanyak 10.000 POI seperti Bandar Udara, Terminal Bis, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, Lokasi Industri, Mal, Gedung Bertingkat dan Sekolah/Kampus.
Direktur Network Telkomsel Sukardi Sillahi mengatakan bahwa pertumbuhan penggunaan smartphone serta hadirnya berbagai aplikasi digital yang terus digunakan dalam keseharian masyarakat juga turut mendongkrak popularitas layanan data. Saat ini jumlah keseluruhan pelanggan Telkomsel mencapai 152 juta dengan 74 juta atau sekitar 50% diantaranya adalah pelanggan data.
“Besarnya pengguna data sejalan dengan pertumbuhan smartphone yang menembus 45 juta unit. Tumbuh rata-rata 20% per tahun. Hal ini mendorong market share Telkomsel mencapai 44% dan revenue share 58% di sepanjang 2015”, ujarnya dalam paparan media update di Jakarta (15/3/2016).
Untuk mendukung layanan 4G LTE secara nasional, Telkomsel memiliki 4.500 eNodeB atau BTS 4G yang tersebar di lebih dari 40 kota dan meliputi outdoor dan indoor yang merupakan prominent high data traffic area seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan, dan daerah residensial.
Ketika menggelar jaringan, Telkomsel selalu memastikan bahwa layanan ini dapat dinikmati di sekitar 70% – 80% dari wilayah lokasi tersebut. Hingga saat ini jumlah pelanggan 4G Telkomsel yang menggunakan smartphone 4G berjumlah sekitar 3 juta. Saat ini coverage 4G Telkomsel, imbuh Sukardi, sudah mencapai 56 kota di seluruh Indonesia.