Jakarta, Selular.ID – Asia Pasifik adalah area yang sangat beragam, dan pertumbuhan mobile marketing telah membuat area ini berkembang dari empat menjadi enam negara, yaitu India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Kumpulan enam negara ini biasa disebut P6 (The Power 6)
Menurut Laporan Q3 State of Mobile Advertising dari Opera Mediaworks dan Mobile Marketing Association (MMA) bulan November ini, terdapat 4 segmen konsumen mobile yang umum yaitu savvy shoppers, high-tech enthusiasts, travelers dan gamers. Bagi Indonesia, segmen konsumen mobile yang paling besar adalah savvy shoppers dan travelers.
Baik India, Indonesia, Malaysia dan Vietnam semuanya memiliki prosentase savvy shoppers yang cukup kuat dengan situs lokal favorit seperti Tokopedia, OLX, Lelong and Chợ Tốt.
Sementara itu, gamers memiliki preferensi yang kuat terhadap iOS, terutama di Australia, di mana 83 persen dari para gamers adalah pemilik ponsel Apple. Di P6, preferensi terhadap iOS juga terlihat jelas, dengan 18 persen share, hampir 7 kali lipat dari rata-rata P6 sebesar 2 persen. Tiga game paling populer di Indonesia adalah Cut The Rope, Talking Tom dan Subway Surfers.
Mengacu pada tren pengguna yang terjadi di enam negara tersebut, laporan ini bisa dijadikan referensi oleh marketer untuk meracik konten iklan mobile yang sesuai dengan kebiasaan dan minat pengguna di suatu wilayah.
“Laporan ini membuat kami mampu menyediakan data bagi pemasar, pengiklan, dan penerbit, serta meyakinkan mereka bahwa industri dapat beradaptasi dan berkembang untuk membuat industri yang kondusif bagi mobile campaign.” jelas Rohit Dadwal, Managing Director, Mobile Marketing Association APAC.