Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Telkomsel Klaim Trafik Layanan Datanya Naik 130 Persen

BACA JUGA

KunjunganNOC_2Jakarta, Selular.ID – Dari hasil pemantauan trafik komunikasi yang dilakukan pada jaringannya di hari Kamis (16/7) hingga malam takbiran, Telkomsel mencatat kenaikan penggunaan layanan data. Jika dibandingkan dengan tahun 2014, penggunaan layanan data di malam takbiran 2015 melonjak hingga lebih dari 130 persen.

Menurut Adita Irawati, VP Corporate Communications Telkomsel, kenaikan data yang sangat signifikan terjadi di Area Jawa Bali (Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara), dimana terjadi peningkatan penggunaan data hingga lebih dari 156 persen menjadi sekitar 452 ribu Giga Byte, disusul dengan Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) dengan kenaikan hingga 138 persen menjadi sekitar 312 ribu Giga Byte dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2014.

Trafik layanan data mencatat kenaikan paling tinggi sebesar 130 persen menjadi sekitar 1,55 juta Giga Byte, dimana hal ini meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2014. Sedangkan apabila dibandingkan dengan hari normal 2015, terdapat kenaikan sebesar 17 persen.

Sedangkan layanan SMS cenderung stagnan dengan sedikit penuruan  sekitar 6 persen menjadi 952 juta SMS, dimana hal ini menurun jika dibandingkan dengan trafik SMS di periode yang sama di tahun 2014. Sedangkan apabila dibandingkan dengan hari normal 2015, trafik SMS turun sebesar 3 persen.

Sementara itu layanan suara di malam takbiran naik sebesar 18 persen menjadi sekitar 1,3 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di periode yang sama di tahun 2014. Sementara jika dibandingkan dengan hari normal 2015, trafik voice turun sebesar 9 persen.

“Hasil pemantauan yang dilakukan di tahun ini terhadap trafik di malam takbiran menunjukkan bahwa pelanggan semakin mengadopsi layanan data sebagai salah satu pilihan utama untuk berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat di momen lebaran,” jelas Adita.

Adapun tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS menurut Adita mencapai lebih dari 99 persen, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98 persen yang artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU