Jakarta, Selular.ID – Untuk menjaga performansi jaringan telekomunikasi selama terjadinya kenaikan trafik telekomunikasi, Indosat mengoperasikan sistem monitoring jaringan yaitu i-NOC atau Indosat Network Operation Center, di kantor pusatnya di Jakarta.
Telah beroperasi sejak dua minggu, i-NOC berfungsi untuk pemantauan stabilitas dan kualitas seluruh jaringan secara terintegrasi di seluruh Indonesia, yang terbagi dalam 6 area berbeda, meliputi Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Denpasar, dan Makasar. Fasilitas ini diperuntukkan baik bagi layanan selular atau mobile maupun enterprise corporate (fixed MIDI), Indosat business, termasuk yang disediakan oleh anak perusahaan Indosat seperti Lintas Artha dan IM2.
“i-NOC menangani tim berbeda dalam satu kerjasama,” kata John M Thompson, Director & Chief Technology Officer Indosat, saat media visit i-NOC di Jakarta (9/6/2015).
Dalam fungsi monitoring, i-NOC meningkatkan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (command center) bagi seluruh perangkat core, radio, transmisi backbone, dan access network di lebih dari 40.000 BTS Indosat.
Dipenuhi oleh 85 karyawan, ruangan i-NOC juga dilengkapi dengan 24 buah video wall display untuk dashboard monitoring selama 24 jam.
“Kami ingin pelanggan bisa menikmati layanan tanpa gangguan. Dari hasil pemantauan di i-NOC, seluruh engineer dan teknisi kami akan memastikan setiap potensi gangguan dapat langsung diatasi (detect and solve),” jelas John.
Peresmian operasional i-NOC ini juga merupakan bagian dari kesiapan jaringan Indosat, terutama dari sisi pengendalian jaringan, untuk mendukung dan memastikan komunikasi pelanggan selama masa Ramadhan dan Mudik Lebaran 2015.(Ind)