Jakarta, Selular.ID – Penjualan smartphone BlackBerry secara global boleh saja jeblok, namun untuk pasar Indonesia, BlackBerry masih mendapat tempat terhangat. Bahkan, aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) tetap menjadi aplikasi chatting favorit di Indonesia.
Menurut temuan dari Ericsson Mobility Report, konsumen smartphone Indonesia memilih BBM menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi favorit di smartphone berdasarkan Monthly Active Users (MAU), dibandingkan aplikasi media sosial lainnya termasuk YouTube, WhatsApp, Facebook, dan LINE.
Bukan cuma di perangkat BlackBerry saja, BBM juga paling sering digunakan di smartphone berbasis Android dan iOS.
“BBM makin banyak digunakan bukan cuma di handset-nya, tapi versi aplikasi di Android dan iPhone,” kata Hardyana Syintawati, VP Marketing & Communication Ericsson Indonesia.
Aplikasi smartphone favorit berbeda di tiap negara. Misalnya di Malaysia dan Singapura, aplikasi yang paling banyak digunakan justru WhatsApp. Sementara Australia dan Philipina, netizen lebih cenderung menyukai jejaring sosial Facebook untuk menemani hari-hari mereka. Sedangkan di Thailand, aplikasi media social yang paling popular justru LINE.